Resep Jamu Beras Kencur Ala Rumahan, Sehat dan Berkhasiat

Ditya Arnanta
Resep Jamu Beras Kencur Ala Rumahan, Sehat dan Berkhasiat (Foto: Pixebay)

KARANGANYAR, iNews.id - Jamu merupakan obat tradisional asli dari Indonesia. Belakangan jamu lebih dikenal dengan sebutan herbal. Jamu terbuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuh-tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah.

Kini Anda bisa membuat jamu sendiri di rumah.  Bahan-bahannya sangat mudah di temui di sekitar kita. Masyarakat biasa mengonsumsi jamu sebagai minuman kesehatan. Ini ada beberapa resep Jamu yang bisa dibuat sendiri di rumah. Ini bahan dan cara membuatnya.

Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur sudah lama dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Di dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh. Anti kanker, anti radang, anti oksidan, anti bakteri dan anti diabetes.

Bahan :

50 gram beras, kencur  biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo, buah asam, kayu keningar, kunir. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih.

Cara mengolahnya : 

Pertama beras disangan (disangrai), selanjutnya ditumbuk sampai halus. Tambahkan bahan lainnya ditumbuk menggunakan lumpang dan alu besi hingga halus dan tercampur rata.

Selanjutnya tuangkan air mendidih untuk mengambil sarinya diperas dan disaring dengan saringan atau diperas melalui kain pembungkus bahan. Selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol dan simpan dikulkas.

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network