Siapa Sebenarnya Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi yang Haulnya Selalu Dipenuhi Umat Muslim

Bramantyo
Mengenal sosok ulama besar Islam Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO,iNewskaranganyar.id - Lantunan ayat suci bergema di areal pemakaman ulama besar islam Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi di komplek Masjid Riyadh, Pasar Kliwon, Solo.

Di dalam areal pemakaman Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi sendiri, terlihat para pengunjung tengah mendoakan. Usai berdoa, mereka memanfaatkan situasi areal pemakaman di komplek masjid Riyadh untuk berfoto-foto.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu pengunjung dari Demak yang mengaku bernama Hasan. Menurut Hasan, dirinya sengaja datang lebih awal bersama keluarga untuk ikut haul Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi. Ada kegembiraan luar biasa bagi dirinya bisa masuk kedalam areal makam Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi.

Pasalnya, meski setiap tahun dirinya datang, namun untuk masuk kedalam areal makam Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi tak bisa sama sekali. Untuk mendekati masjid Riyadh itu sendiripun tak bisa. Apalagi bisa masuk kedalam areal makam Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi.

"Baru pertama ini saya bisa masuk dan berdoa di makam Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi. Setiap tahun saya sering ke Solo, ikut Haul Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi, tapi baru kali ini saya bisa masuk. Biasannya tak bisa karena banyak sekali yang datang ke haul Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi,"papar Hasan saat ditemui seusai berdoa di makam Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi, Sabtu (12/11/2022).

Hal senada itupun diungkapkan Safitri istri Hasan yang tersenyum bahagia bisa berdoa dan mengambil momen berfoto di areal makam Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi.

Sementara itu, pantauan iNewskaranganyar.id, sebuah kajang cukup panjang sudah terpasang tempat di depan Masjid Riyadh.

Begitu pula didepan pertokoan yang dekat dengan masjid Riyadh inipun terpasang kajang tenda berukuran cukup panjang.

Meski tak bisa menampung para takziah yang datang saat haul peringatan wafatnya Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi yang ke-111 namun paling tidak, sebagian petakziah tidak kepanasan saat menghadiri haul. Didepan pintu masuk masjid, sudah banyak orang yang menawarkan foto dari Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi.

Haul Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi setiap tahunnya selalu dipenuhi umat muslim dari berbagai Kota. Seperti halnya Haul kali ini yang digelar selama 3 hari, 12-15 November 2022 ini pun, umat muslim mulai berdatangan. Siapa sebenarnya sosok Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi ini.

Seperti dilansir dari laduni.id (layanan dokumentasi ulama dan keislaman), Habib Ali lahir seorang ulama besar yang lahir di desa Qasam – Hadhromaut Yaman, suatu desa yang dinisbatkan kepada Sayyidina Ali bi Alwi Khali’ Qasam (529 H).

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network