Inilah 4 Negara dengan Pengguna Media Sosial Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Litbang MPI/Net Karanganyar
Negara pengguna sosial media terbanyak di dunia (pixebay)

JAKARTA,iNews.id - Survai Hootsuite tahun 2021 memberikan data mengenai jumlah pengguna internet di dunia, yakni mencapai 4,66 miliar orang

Jumlah pengguna media sosial menyumbang angka paling tinggi dalam penggunaan internet di dunia.

Sebanyak 4,22 miliarnya adalah pengguna media sosial. Lantas, negara mana saja yang memiliki pengguna media sosial terbanyak? iNewskaranganyar.id menyadur dari Litbang MPI sebagai berikut dilansir dari berbagai sumber, Jumat (31/12/2021): 

1. China

China menempati urutan pertama negara dengan pengguna media sosial (medsos) terbanyak. Menurut data yang dipublikasikan Statista, 999 juta pengguna medsos di Negeri Tirai Bambu ini terpantau eksis di tahun 2021. Dalam 5 tahun mendatang, jumlahnya diprediksi akan meningkat menjadi 1,2 miliar orang.

Secara garis besar, 65 persen masyarakat negara itu aktif menggunakan medsos. Laman Statista menyebut, pengguna jejaring media sosial di China didominasi oleh kaum muda. 

Apalagi, media sosial bukan hanya wadah untuk menjalin komunikasi. Namun juga mencari hiburan, memenuhi kebutuhan belanja, kencan, dan bisa digunakan untuk pembayaran elektronik.

Medsos paling banyak digunakan di Tiongkok adalah WeChat. Aplikasi ini dirasa sangat lengkap dan bisa membantu masyarakat dalam membagikan pesan, foto, video, bahkan untuk kencan. Selain itu, ada juga Tencent QQ, YouTube, TikTok, Quora, Zhihu, dan Meituan.

2. India

Negara kedua dengan pengguna medsos terbanyak adalah India. Terdapat sekitar 639 juta pengguna internet pada 2021 dan akan terus berkembang menjadi 1,1 miliar pada 2026. Masyarakat India menghabiskan rata-rata 2,25 jam per harinya untuk bermedia sosial. 

Melansir The Global Statics, membludaknya pengguna medsos di India lantaran medsos dianggap sangat esensial dan tidak lepas dari aktivitas internet warganya.

Di India, medsos sangat dimanfaatkan untuk menuangkan ide dan gagasan yang selama ini terasa diabaikan. Apalagi, pemerintah India kemudian menjamin kebebasan berpendapat dan berekspresi bagi warganya. Media sosial dianggap memiliki nilai positif untuk menampung hal itu.

3. Amerika Serikat

Sebanyak 295 juta pengguna medsos di America Serikat tercatat di tahun 2021. Angka ini diketahui meningkat setajam 80 persen, dibandingkan tahun sebelumnya. Prediksinya, pengguna medsos di Amerika meningkat menjadi 323 juta di tahun 2026. Pengguna medsos di Amerika didominasi generasi muda yang baru saja memulai menggunakan medsos. 

Namun demikian, generasi dewasa juga mengalami peningkatan dalam bermedia sosial. Medsos yang paling banyak digunakan oleh warga AS adalah Meta (Facebook) dan YouTube. 

Sementara itu, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan Instagram adalah sederet medsos yang paling jarang digunakan di Negeri Paman Sam itu.

4. Indonesia

Indonesia juga masuk dalam daftar negara dengan jumlah pengguna media sosial terbanyak. Di tahun 2021 ini, ada sebanyak 193 juta pengguna yang terdaftar. Jumlahnya akan terus meningkat dalam kurun waktu 5 tahun mendatang menjadi 236 juta pengguna.

Perkembangan medsos dan penggunanya yang sangat pesat ini membuka peluang bisnis bagi para pengusaha atau pemberi jasa untuk memasarkan produk mereka. 

Ditambah, menjamurnya figur publik berupa selebgram, blogger dan selebtwit yang turut menjadi andalan pengusaha agar produknya bisa dikenal lebih luas.

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network