Ini Loh! Bahan Alami Turunkan Gula Darah dan Nyeri Karena Rematik

Ditya Arnanta
Bahan Alami Turunkan Gula Darah dan Nyeri Karena Rematik *Foto: pixebay)

KARANGANYAR, iNews.id - Masyarakat Indonesia sangat mengenal daun pandan. Biasanya digunakan sebagai pewangi makanan karena aroma harum.

Selain digunakan sebagai pengharum dan pewarna alami untuk aneka masakan dan kue, daun pandan juga dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh sebagai herbal alami.

Dikutip iNewskaranganyar.id dari berbagai sumber, daun pandan juga memiliki manfaat kesehatan cukup beragam mulai dari menurunkan darah tinggi, mengatasi rematik, hingga menurunkan gula darah. Ini dia manfaatnya untuk kesehatan. 

1. Mengatasi Rematik

Rematik menyebabkan orang merasakan nyeri sendi hingga sulit beraktivitas. Anda bisa menggunakan potongan daun pandan yang, dicampur dengan minyak kelapa yang dipanaskan. Setelah dingin, coba oleskan pada bagian sendi yang terasa sakit. Hal ini disebabkan daun pandan memiliki sifat antiinflamasi.

2. Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan gangguan susah tidur. Akibatnya tubuh tidak bisa beristirahat dengan maksimal padahal sudah merasa lelah. Imbasnya aktifitas keesokan harinya pun jadi tak optimal karena terlalu lelah. Cukup meminum teh daun pandan (rebusan daun pandan) sebelum tidur. 

3. Mengontrol gula darah 

Khasiat lainnya, pandan bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Hasil penelitian yang dilakukan kepada 30 orang dewasa menunjukkan kadar gula darahnya normal dengan meminum teh pandan hangat. 

4. Darah tinggi 

Darah tinggi cukup banyak diderita oleh masyarakat tanah air. Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi harus segera ditangani agar tidak memicu munculnya penyakit lainnya. 

Dengan cara sering mengkonsumsi teh daun pandan. Caranya merebus 3 gram daun pandan dengan 2-3 gelas air sampai mendidih dan dan tersisa setengah gelas. Diminum dua kali sehari, pagi dan malam. 

10.  Menurunkan gula darah

Daun pandan diketahui bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Daun ini merangsang sekresi insulin dari jalur sel beta pankreas dan menghambat aktivitas enzim alfa glikosidase.

Untuk membuat teh daun pandan, inilah resep dan caranya.   Ambil dab Cuci bersih 3–4 lembar daun pandan ukuran kecil atau sedang.

Ikat menjadi simpul, lalu masukkan ke dalam panci. Anda juga bisa menambahkan jahe agar lebih segar dan hangat. Rebus hingga mendidih, air berubah warna, daun melunak, dan terasa wangi. Minumlah teh saat sudah dingin.

Semoga Bermanfaat!!

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network