get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Perbedaan Jin, Setan, dan Iblis Menurut Alquran

Kisah Horor Jembatan Kuno di Swiss Ini Dibangun dengan Bantuan Iblis

Selasa, 07 Juni 2022 | 22:45 WIB
header img
Jembatan di seberang Ngarai Schöllenen di lembah Reuss yang indah di kanton Uri, di Swiss dikenal dengan sebutan jembatan Iblis (Foto: Okezone)

SWISS, iNews.id - Bila anda pernah ke Swiss tentu sudah tak asing mendengar sebuah jembatan yang terletak di seberang Ngarai Schöllenen di lembah Reuss yang indah di kanton Uri, di Swiss.

Ya, jembatan yang pernah menjadi saksi bisu pertempuran paling dramatis dari ekspedisi Suvorov Italia dan Swiss yang terjadi selama Perang Napoleon pada tahun 1799 ini dikenal dengan jembatan iblis.

Mengapa jembatan ini disebut jembatan Iblis? Ada sebuah cerita yang diyakini hingga kini bila jembatan yang termasuk kuno di daratan Eropa itu dibangun dengan bantuan dari Iblis.

Jembatan ini dibangun di bawah kondisi yang menantang sehingga penyelesaian jembatan yang berhasil membutuhkan upaya heroik dari pihak pembangun dan masyarakat, untuk memastikan statusnya yang legendaris.

Awal kisah jembatan di Swiss yang dibangun dengan bantuan iblis ini terletak di seberang Ngarai Schöllenen di lembah Reuss yang indah di kanton Uri, di Swiss.

Menurut cerita legenda, sangat sulit untuk membangun jembatan di sini sehingga seorang gembala Swiss yang putus asa berharap iblis akan membuat jembatan.

Iblis muncul dan menawarkan untuk membangun jembatan dengan syarat bahwa jiwa yang pertama menyeberang akan diberikan kepadanya.

Setelah jembatan dibangun, penduduk desa mengakali iblis dengan mengirimkan seekor kambing melintasi jembatan. Marah dengan tipuan itu, iblis mengambil sebuah batu besar untuk menghancurkan jembatan itu hingga berkeping-keping.

Dalam perjalanannya ke jembatan iblis bertemu dengan seorang wanita tua yang mengenakan salib, yang membuat iblis takut sehingga dia menjatuhkan batu dan melarikan diri.

Selain itu, bagian depan menampilkan adegan setan yang memegang batu setan - Teufelsstein - mendekati jembatan untuk menghancurkannya.

Batu seberat 220 ton, yang diduga diambil oleh iblis, masih ada di sana, meskipun harus dipindahkan sejauh 127 meter untuk memberi ruang bagi terowongan jalan Gotthard yang baru.

Pada abad ke-16, jembatan kayu digantikan oleh jembatan batu lengkung. Jalan tersebut pada dasarnya adalah jalur bagal yang hanya diperbolehkan untuk pengangkutan barang dengan bagal, hingga awal abad ke-19.

Adapun, kisah jembatan di Swiss yang dibangun dengan bantuan iblis ini juga membuat pemerintah Swiss mengeluarkan koin peringatan untuk Teufelsbrücke agar tidak banyak dikunjungi oleh para wisatawan

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut