get app
inews
Aa Read Next : Anak Didik Tewas saat Latihan di Karanganyar, Pagar Nusa Dukung Proses Hukum Hingga Tuntas

Olahraga Tradisional Unik di Indonesia, Salah Satunya Mirip Gulat Jepang

Minggu, 05 Juni 2022 | 09:48 WIB
header img
Jemparingan Olahraga Tradisional Unik di Indonesia (Foto: instagram)

KARANGANYAR,iNews.id - Tak kalah dengan negara Jepang yang memiliki olahraga tradisional Sumo (gulat).

Indonesia juga memiliki olahraga tradisional bahkan salah satunya telah mendunia dan menjadi cabang olah raga yang dipertandingkan di kancah internasional. 

1. Pencak Silat


Pencak silat salah satu olah raga asli Indonesia yang telah mendunia (Foto: Tangkapan Layar Instagram)

Pencak silat adalah seni bela diri asli dari Indonesia. Bahkan seni bela diri ini telah ditetapkan The United Nation Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya tak benda (Intangible Cultural World Heritage) pada 13 Desember 2019 lalu.

Dilansir dari situs kemdikbud.go.id pencak silat merupakan seni bela diri tradisional yang menjadi budaya Indonesia. Budaya yang dimaksud adalah karakter kebudayaan khas timur yakni etika.

Pencak silat pertama kali diperkenalkan dan dipertandingan dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) ke 14 tahun 1987 di Jakarta.

2.Lompat Batu Tradisi Unik Suku Nias


Lompat batu Nias (Foto: Instagram)

Fahombo, Hombo Batu atau Lompat Batu dbahasa Indonesia merupakan olahraga tradisional khas Suku Nias. Kini menjadi objek wisata tradisional unik dan menjadi daya tarik hingga ke manca negara.

Awalnya merupakan budaya setempat yakni ritual pendewasaan Suku Nias.

Yakni tradisi untuk persiapan pemuda suku nias yang akan menikah. Perlu keahlian khusus untuk turut andil dalam tradisi lompat batu. Karena mereka harus melompati susunan batu yang cukup tinggi.

3.Jemparingan Memanah Gaya Mataraman dengan Posisi Duduk


Jemparingan

Olahraga unik Jemparingan dikenal di Solo danYogyakarta. Panahan tradisional gaya Mataraman ini sudah ada sejak abad ke-17, semasa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I.


Uniknya olahraga ini para pemanah menggunakan pakaian tradisional baik itu batik maupun lurik dan bawahannya menggunakan celana yang dililit kain batik.

Selain busana yang berbeda, para pemanah juga harus dalam posisi duduk bersila saat memanah target yang telah ditentukan. 

4. Pathol Gulat Tradisional khas Rembang


Pathol gulat gaya khas pesisir Jawa (Foto: tangkapan layar youtube)

Konon menurut cerita, Gulat Pathol merupakan sebagai salah satu cara untuk menyeleksi calon prajurit. Namun hingga kini tetap dipertahankan sebagai tradisi di kawasan Rembang.

Gulat pathol saat ini sering digunakan sebagai pengiring berbagai ritual kepercayaan, seperti menjelang purnama atau menjelang upacara sedekah laut.

Sesuai perkembangannya kini permainan Gulat Pathol sudah diiringi alat musik. Sehingga suasana semakin meriah.

Dua peserta saling mendorong mengadu kekuatan. Sesekali ada bantingan. Dalam permainan ini tidak ada pukulan atau tendangan.  

5.Egrang


Engrang permainan berjalan diatas bambu (Foto: Tangkapan Layar Youtube)

Pacu Adrenalin di Atas Dua Bilah Bambu. Egrang merupakan olahraga tradisional yang mengandalkan keseimbangan untuk melakukannya. Mereka berdiri di atas dua bilah bambu yang sudah diberikan tempat berpijak. Selanjutnya mereka berjalan diatas bilah bambu sambil menjaga keseimbangan.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut