get app
inews
Aa Read Next : Nekat Gelar Dagangan di Luar Jam Operasional, Pedagang Pasar Ciputat Ditertibkan

Gamelan Masuk Warisan Budaya Tak Benda Oleh UNESCO

Jum'at, 03 Juni 2022 | 09:30 WIB
header img
Gamelan dikukuhkan unesco sebagai Warisan Budaya Tak Benda Oleh UNESCO (foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO,iNews.id - Gamelan, alat musik tradisional ini menambah deretan panjang Budaya Indonesia yang masuk dalam Daftar Warisan Budaya Tak Benda ( WBTB ) yang ditetapkan oleh UNESCO

Sejak dahulu hingga kini, seni gamelan terus dipelajari, dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Diketahui Komite Konvensi Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage/ICH) UNESCO telah menetapkan Gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO.

Dengan begitu, Gamelan menjadi WBTB Indonesia ke-12 yang berhasil diinskripsi ke dalam daftar WBTB UNESCO.  Gamelan berasal dari kata “gamel.” Dalam Bahasa Jawa berarti memukul atau menabuh. 

Sehingga gamelan bisa diartikan sebagai seperangkat alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh. Gamelan sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai daerah di Indonesia.  Tak hanya di Jawa, alat musik ini juga bisa kita temukan di Bali atau daerah lainnya.

Gamelan biasanya terdiri dari seperangkat instrumen yakni gendang, gong, suling, bonang, siter, rebab, kempul, kempyang, kethuk, saron, gender, slenthem, kemanak, cemplung.

Gamelan bahkan telah mewarnai khazanah seni musik di Indonesia. Tak hanya itu, musik Gamelan pun telah memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut