get app
inews
Aa Read Next : Ajak Istri Dan Anak Sapa Pendukung, Kampanye Ganjar Di Kota Solo Pecah!

Terima Gelar Dokter dari UGM, Ini Deretan Prestasi Menhub Budi Karya Sumadi

Selasa, 24 Mei 2022 | 22:58 WIB
header img
Menhub terima anugerah gelar Doktor (Foto: Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id -  Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Ir. Budi Karya Sumadi, menerima Anugerah Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) dari Universitas Gadjah Mada, Senin (23/5/2022). 

Penganugerahan ijazah Doktor HC tersebut diserahkan langsung oleh Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Ir. Panut Mulyono di Balai Senat UGM.

Rektor UGM sampaikan mengatakan pemberian gelar Doktor Kehormatan kepada Budi Karya Sumadi diberikan karena peran dan jasa dalam keilmuannya yang meliputi teknik rancang bangun dan perencanaan di bidang transportasi dalam merajut konektivitas nusantara. 

“Beliau memberikan intervensi intelektual dalam menjalankan tugasnya menghasilkan karya yang luar biasa secara berkelanjutan,” kata Rektor dilansir dari ugm.ac.id, Selasa (23/5/2022). 

Sistem transportasi yang yang dibangun Budi Karya Sumadi menurut Rektor mampu menghubungkan wilayah yang luas dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek sosial dan ekonomi. 

Bahkan sarana dan prasarana yang dibangun oleh Menhub menurutnya mampu membuka aksesibilitas di daerah, meningkatkan konektivitas, mengurangi disparitas harga dan meningkatkan produktivitas serta pertumbuhan ekonomi yang lebih merata.

Budi Karya Sumadi dalam pidato penerimaan Anugerah Doktor Kehormatan menyampaikan pidato yang berjudul Merajut Konektivitas Nusantara Melalui Pembangunan Sistem Transportasi. 

Dirinya menjelaskan bahwa membangun infrastruktur transportasi bukan saja membangun bandara, pelabuhan, stasiun dan rel,serta terminal atau sekadar mengadakan pesawat, bus, kapal, dan kereta api, namun juga membangun sistem keselamatan, keamanan, dan pelayanan yang akhirnya akan menciptakan harapan dan peradaban baru. 

“Salah satu tujuan pembangunan infrastruktur transportasi adalah mendukung aspek kerakyatan. Transportasi juga turut mendorong perkembangan produk UMKM dengan memberikan akses kepada pelaku UMKM, baik di bandara, pelabuhan, terminal, maupun stasiun,” ujarnya. 

Hadir juga dalam acara penganugerahan gelar Doktor Kehormatan ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Wakil Ketua DPR RI, Rahmat Gobel

Kepada wartawan, Ganjar mengaku senang selaku sahabat dan kolega di organisasi Kagama mendapat anugerah doktor kehormatan. 

“Saya sangat senang, sebagai teman, dedikasi beliau sangat luar biasa. Orangnya low profile, ternyata mampu mengerjakan pekerjaan segede itu (Kemenhub),” tandas Ganjar.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut