get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Bus Rosalia Indah, Otobus Berjuluk Sultan Palur yang Busnya Mengalami Kecelakaan di Batang

8 Model Bus Dari Masa Ke Masa, Mulai Masa Penjajahan Hingga Milinial

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:13 WIB
header img
8 model bus ini merupakan gambaran perubahan moda transportasi di Indonesia dari masa ke masa (iNewskaranganyar.id)

KARANGANYAR, iNews.id -  Bus merupakan salah satu angkuta massal yang menjadi salah satu pilihan masyarakat saat bepergian. 

Kali ini akan membahas beberapa perusahaan otobus, mulai pasca Kemerdekaam hingga jaman milinial, bahkan ada yang berdiri sejak jaman penjajahan. Dengan kata lain ada yang sudah setengah abad melayani penumpang sampai sekarang. 

Penasaran perusahaan otobus apa saja? berikut selengkapnya.

1. Rosalia Indah


Rosalia Indah (iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

Armada bus ini berkantor pusat di Palur, Jaten Kabupaten Karanganyar. Bermula dari satu armada bus Isuzu dengan trayek Yogyakarta - Solo - Surabaya - Malang di tahun 1983. Dirintis oleh pasangan suami-istri Yustinus Suroso dengan Yustina Rahayu Suroso. 

Kini bisnisnya menggurita, bus Rosalia Indah tetap bertahan hingga saat ini. Tidak hanya armada bus saja, namun juga jasa ekspedisi, rumah makan dan SPBU

2. Pahala Kencana


Pahala kencana (Foto; Tangkapan Layar Instagram @shandy_776)

Perusahaan Otobus ini berdiri tahun 1976 di Kudus, Jawa Tengah. Pahala Kencana juga menjadi salah satu bis tertua dan tetap beroprasi hingga saat ini. Pahala Kencana melayani perjalanan antarkota antarprovinsi. Selain itu, Pahala Kencana juga melayani jasa bus pariwisata dan ekspedisi barang paket dengan armada mulai dari Mercedes-Benz hingga Vino.

3. Lorena - Karina


Bus malam Lorena (Foto: Tangkapan Layar Instagram)

Lorena - Karina dikenal sebagai bus lintas Jawa - Sumatera. Perusahaan otobus ini merupakan penyedia moda transportasi darat dengan armada bus yang didirikan sejak 1978.

Trayek awal Lorena - Karina melayani rute Bogor menuju Jakarta pada 1984. Seiring dengan perkembangan usaha Lorena - Karina terus melebarkan sayap dengan membuka trayek lebih jauh (AKAP) Jakarta, Sumatera hingga Bali.


4.Safari Dharma Raya atau OBL


Bus malam Safari Dharma Raya (Foto: Tangkapan Layar Instagram)

Lebih dikenal dengan OBL yang merupakan singkatan nama dari pendirinya yaitu Oei Bie Lay atau Darmoyono. Safari Dharma Raya juga menjadi salah satu PO tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1969 silam. 

PO bus yang berkantor pusat di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ini memiliki rute Magelang menuju Ngadirejo, Jakarta-Yogyakarta. OBL telah membuktikan manajemennya yang sangat bagus, terbukti OBL masih eksis hingga saat ini.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut