get app
inews
Aa Read Next : Ramalan Kiamat Ahli Matimatika, Isaac Sebut Hari Akhir Kehidupan Alam Semesta di Tahun 2060

Hari Akhir Jaman, Sangkakala Ditiup Saat Manusia Sibuk dengan Dunianya

Senin, 23 Mei 2022 | 07:45 WIB
header img
Allah SWT menjanjikan hari kiamat pasti akan datang dan hanya Allah SWT yang mengetahui pasti kapan hari berakhirnya kehidupan dialam semesta raya itu tiba (Foto: ilustrasi/Pixebay)

Diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Hari Kiamat itu benar-benar akan terjadi pada saat dua orang sedang menggelar pakaian mereka (sambil tawar-menawar), dan keduanya tidak sempat berjual-beli dan melipat kembali. Hari Kiamat itu benar-benar akan terjadi pada saat seseorang membuat kolam dan ia belum sempat memberikan minuman dari kolam itu. Hari Kiamat benar-benar akan terjadi pada saat seseorang memeras susu kambingnya dan ia belum sempat meminumnya, dan hari kiamat itu benar-benar akan terjadi pada saat seseorang mengangkat makanan yang akan dimasukkannya ke mulutnya, dan ia belum sempat memakannya." (HR Al-Bukhari, Muslim)

Jarak Antara Dua Tiupan Sangkakala

Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

«مَا بَيْنَ النَّفْخَتَيْنِ أَرْبَعُونَ» قَالُوا: يَا أَبَا هُرَيْرَةَ أَرْبَعُونَ يَوْمًا؟ قَالَ: أَبَيْتُ، قَالُوا: أَرْبَعُونَ شَهْرًا؟ قَالَ: أَبَيْتُ، قَالُوا: أَرْبَعُونَ سَنَةً؟ قَالَ: أَبَيْتُ

Artinya: "(Jarak) antara dua tiupan adalah empat puluh." Para sahabat bertanya, "Wahai Abu Hurairah, apakah empat puluh hari?" Abu Hurairah menjawab: "Aku enggan." Mereka bertanya lagi: "Empat buluh bulan?" Abu Hurairah menjawab: "Aku enggan." Mereka bertanya lagi: "Empat puluh tahun?" Abu Hurairah menjawab: "Aku enggan." (HR. Al-Bukhari 4935)

Maksudnya, Abu Hurairah enggan menegaskan atau memastikan apakah empat puluh hari, empat puluh bulan, atau empat puluh tahun. Akan tetapi yang pasti adalah jaraknya empat puluh. Dikatakan juga bahwa jarak dua tiupan ini hanya Allah Ta'ala saja yang mengetahuinya.


Berita ini sebelumnya telah tayang di Sindonews dengan judul "Hari Kiamat, Sangkakala Ditiup Saat Manusia Sibuk dengan Dunianya"

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut