get app
inews
Aa Read Next : Yayasan Pendidikan Kristen Karanganyar Komitmen Kembangkan Pendidikan Hingga Perguruan Tinggi

Perkuat SDM Industri BPR-BPRS, Perbarindo Gandeng 12 Perguruan Tinggi Se Jateng

Rabu, 18 Mei 2022 | 19:40 WIB
header img
Minim SDM mendorong Perbarindo gandeng 12 Universitas Se Jateng (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNews.id - Perkuat Industri BPR-BPRS, menyusul minimnya sumberdaya manusia (SDM), mendorong DPD Perbarindo Jawa Tengah melakukan MoU dengan 12 Universitas, baik negeri maupun swasta se Jateng.

Ke 12 Universitas di Jawa Tengah yang melakukan MoU dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) DPD Jawa Tengah diantaranya Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Muria Kudus (UMK), Universitas Tidar (Untid) Magelang, dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto

Ketua DPD Perbarindo Jateng Dadi Sumarsana mengatakan MoU dengan 12 Universitas sangat dibutuhkan oleh Perbarindo. Khusunya untuk memenuhi kebutuhan karyawan baru. 

Setiap tahunnya, Perbarindo, khusunya di Jateng, membutuhkan karyawan baru sekitar 2000 orang. Selanjutnya Perbarindo bisa memberikan materi standar bekerja di perbankan, khusunya di BPR.

Sehingga nantinya bila para mahasiswa itu diterima bekerja di salah satu BPR anggota dari Perbarindo, maka pembekalan bekerja di BPR tidak perlu dilakukan lagi.

“BPR masih memberikan pengenalan, pelatihan atau training saat recuitmen laryawan. Karena mayoritas para lulusan tak kenal BPR. Contohnya pada akuntansi, akuntansi BPR ini tidak sama dengan bank umum,” jelas Dadi Sumarsana pada iNewskaranganyar.id, di sela Diskusi Sinergitas Perbarindo dan Universitas Dalam Rangka BPR-BPRS Go To Campus, Rabu (18/5/2022) di Nava Hotel Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

“SDM yang new entrance atau SDM yang baru-baru lulus diharapkan sudah mengerti BPR, sehingga ketika diadakan seleksi perekrutan mereka bisa lolos dan siap kerja,"imbuhnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut