get app
inews
Aa
Read Next : Meriahkan HUT ke 78 TNI, Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Gelar Pagelaran Wayang dengan Pasar Malam

Jelang Ultah, Grup 2 Kopassus Nyekar ke TMP Jurug

Kamis, 14 April 2022 | 17:51 WIB
header img
Dangrup 2 Kopassus memimpin langsung tabur bunga di TMP (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO, iNews.id - Komandan Grup (Dangrup) 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Kolonel Inf Sabdono Budi Wiryanto memimpin acara tabur bunga di pusara Slamet Riyadi, Kamis (14/4/2022). Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari jadi korps Baret Merah ke 70.

Tabur bunga ke itu dilakukan di makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bakti Jurug, Solo. Istimewa, orang nomer satu di grup Kopassus Kandang Menjangan ini, tak hanya meminta pada para perwira saja yang melakukan tabur bunga. 

Namun, seluruh prajurit yang ikut dalam kegiatan ini, diminta untuk melakukan tabur bunga.

Bahkan, dalam rangka memperingati HUT ke 70 Kopassus dengan tema  'Kopassusku, Kopassus Kita dan Kopassus Indonesia', Kolonel Inf Sabdono, meminta jangan sampai ada satupun makam pahlawan yang terlewat dari tabur bunga.

"Jadi di sini ada 1492 makam tidak ada yang terlewat. Karena mereka semua adalah pahlawan yang mendahului kita dan kita bisa seperti ini karena jasa mereka,"jelas Kol Inf. Sabdono, Kamis (14/4/2022.

"Tema itu disebut memiliki arti jika Kopassus milik seluruh rakyat Indonesia. Jadi kita harus bersikap dan berprilaku yang baik terhadap masyarakat,"imbuhnya.

Dalam rangkaian HUT ini, anggota Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, sebelumya juga berziarah ke makam Mohammad Idjon Djanbi di Yogyakarta dan Pratu (Kopda Anm) Suparlan. Sebagai bentuk penghormatan kepada sosok legenda yang berjasa besar terhadap Korps Baret Merah ini. 

Diketahui, Idjon Djanbi merupakan pendiri dan pelatih pertama Kopassus. Merupakan komandan pertama Korps Pasukan Elite TNI AD yang kini bernama Kopassus atau Komando Pasukan Khusus.

Sementara Suparlan  berjasa melawan pemberontak Fretilin, dan namanya diabadikan sebagai landasan pacu di Pusdikpassus, Kecamatan Batujajar, Bandung, Jawa Barat. 

Selain berziarah dalam rangakaian peringatan HUT Kopassus ke 70 juga digelar acara renungan suci. Dilanjutkan hari Sabtu besuk ada upacara dan malamnya ramah tamah internal Kopassus. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut