get app
inews
Aa Read Next : Simak, Jadwal Buka Puasa Klaten dan Sekitarnya Rabu 13 Maret 2024

Mengintip Tradisi Desa Dlimas di Lereng Gunung Merapi, Berasal dari Pohon Delima Warna Kuning Emas

Rabu, 23 Maret 2022 | 22:25 WIB
header img
Gapura masuk Desa Dlimas, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, pintu masuk area tontonan tradisional bernuansa mistis (Foto: Bramantyo)

KLATEN, iNews.id - Nama Desa Dlimas, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini puluhan tahun lalu, masih merupakan lahan belantara yang dikenal angker.

Sehingga hamparan tanah itu dibiarkan kosong warga sekitarnya. Tetapi, sejak tahun 1970 an hingga kini menjadi menjadi ramai dan padat penduduknya, kenapa?

Karena pada tahun tersebut, ada salah satu warga yang menemukan sebuah pohon Delima aneh bin ajaib, batang pohon itu berwarna kuning emas.

Akhirnya, tanah wingit itu berubah menjadi ramai didirikan rumah dan ditempati warga.

“Apalagi sekarang setidaknya setiap hari Minggu, selalu ada tontonan tradisional, seperti kesenian tayub, ketopak, wayang kulit, ledekan dan seni tradisi lainnya” ujar Mitro Diharjo, sesepuh desa setempat.

Puncak dari keramaian tersebut pada waktu menjelah Bersih Desa (panen raya) dan Hari Jumat Wage pada Bulan Sura.

Pada saat itu, hampir semua seniman seni tradisional bernuansa ritual tumpleg bleg menjadi satu dan menggelar pentas masing-masing, selama beberapa hari. Alhasil, kini kemakmuran desa semakin terwujud.

“Keramaian saat itu terpusat dan berkaitan dengan tempat penemuan pohon delima emas, Arca Tanjungsari dan Payung Gilap” tambahnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut