get app
inews
Aa Read Next : Festival Kuliner Non Halal di Solo Dilanjutkan, Pabrik Kecap di Karanganyar Mundur Sebagai Sponsor

Tegas, DSKS Tak Pernah Minta Festival Kuliner Non Halal di Solo Dihentikan

Jum'at, 05 Juli 2024 | 15:00 WIB
header img
Tegas, DSKS Tak Pernah Minta Festival Kuliner Non halal di Solo Dihentikan (Foto: Lituhayu/iNewskaranganyar.id)

SOLO, iNewskaranganyar. id - Dewan Syari’ah Kota Surakarta (DSKS) membantah bila pihaknya meminta agar acara Festival Kuliner Non Halal di Solo Paragon yang digelar sejak 3-7 Juli 2024 dibatalkan atau ditutup. 

Humas DSKS Ustad Endro Sudaraono mengatakan DSKS tidak pernah meminta agar festival makanan nonhalal itu dibatalkan. 

DSKS, ungkap Ustad Endro, hanya menyikapi bentuk promosi vulgar, mencolok dan massif sehingga mengakibatkan banyaknya reaksi dan keresahan masyarakat Solo dan sekitarnya khususnya ummat Islam.

Karena itulah DSKS mengeluarkan pernyataan untuk meluruskan informasi yang menyebut bila pihaknya telah meminta agar festival manakan nonhalal itu dihentikan.

"DSKS menegaskan bahwa dalam surat himbauan dan pernyataan sikap yang dirilis pada tanggal 3 Juli 2024 secara jelas dan gamblang bahwa DSKS tidak pernah meminta agar acara Festival Kuliner Non Halal di Solo Paragon dibatalkan atau ditutup. DSKS hanya menyikapi bentuk promosi vulgar, mencolok dan massif sehingga mengakibatkan banyaknya reaksi dan keresahan masyarakat Solo dan sekitarnya khususnya ummat Islam, papar Ustad Endro, pada iNewskaranganyar. id, Jumat (5/7/2024).

Ia mengatakan dalam himbauan dan pernyataan sikap tersebut, DSKS berusaha untuk menjaga dan mengedukasi ummat Islam agar mewaspadai acara tersebut dan menghindari agar tidak terjebak, mengingat besarnya dosa yang akan ditanggung seorang muslim akibat mengkonsumsi makanan haram.

"Keputusan menutup acara tersebut secara sementara di pagi hari pada tanggal 3 Juli 2024 adalah keputusan yang diambil oleh pihak panitia sendiri setelah mereka berkomunikasi dengan pihak berwenang dimana DSKS tidak terlibat sama sekali dalam pertemuan tersebut,"terangnya.

Kemudian pada sore harinya tanggal 3 Juli 2024, ungkap Ustad Endri, DSKS mendapatkan informasi bahwa pihak Pemkot Surakarta telah memutuskan agar acara Festival Kuliner Non Halal di Solo Paragon harus di pindah ke lokasi lain yang bersifat khusus bagi non muslim, bukan di tempat umum yang dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat muslim dan non muslim. Hal ini demi menjaga kenyamanan masyarakat luas.

"Siang hari tanggal 4 Juli 2024 DSKS mendapatkan informasi bahwa acara Festival Kuliner Non Halal di Solo Paragon dilanjutkan dengan adanya pembatasan pengunjung yang hanya dikhususkan untuk non muslim saja, " jelasnya. 

Dan tanggal 4 Juli 2024 setelah Maghrib, ketua DSKS Ustadz Abdurrahim Ba’asyir Bersama dirinya dengan ditemani oleh Gus Burhanudin Hilal Sebagai utusan dari MUI Surakarta bertemu dengan management Paragon Mall dan panitia Festival Kuliner Non Halal di Solo Paragon.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut