get app
inews
Aa Read Next : Gagal Perang Sarung di Nayu Solo, 1 Pelaku Diamankan

Pemberdayaan UMKM dan Masyarakat Kelurahan Joyosuran Oleh Kelompok 64 KKN MBKM UNS

Sabtu, 09 Maret 2024 | 15:43 WIB
header img
Kegiatan ini melibatkan 1.071 mahasiswa UNS yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, di antaranya yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Barat.

PADA tanggal 16 Januari 2024 lalu, telah resmi dimulainya kegiatan KKN MBKM UNS Membangun Desa periode Januari-Februari 2024. Kegiatan ini melibatkan 1.071 mahasiswa UNS yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, di antaranya yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Barat.

Kota Surakarta sebagai tuan rumah dari kampus UNS pun tak luput menjadi lokasi KKN tersebut. Kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini memiliki 5 kecamatan, di antaranya yakni Jebres, Laweyan, Pasar Kliwon, Serengan, dan Banjarsari.

Salah satu kelompok KKN MBKM UNS Membangun Desa terpilih untuk melaksanakan kegiatan KKN pada kecamatan Pasar Kliwon, tepatnya pada kelurahan Joyosuran, yang terbagi menjadi 12 RT dan 55 RW.

Kelompok tersebut ialah kelompok 64 yang terdiri dari tujuh mahasiswa yang berasal dari beberapa fakultas di UNS. Bermitra dengan BI Kersa, kegiatan KKN MBKM UNS Membangun Desa di lokasi ini memiliki tema “Pendampingan UKM Eksport dan Pengembangan UKM Berbasis Kemitraan”.

Setelah diadakannya survey ke lokasi tersebut, kelompok 64 menemui UKM Eksport yang dimaksud, yakni UKM Griya Lilin. Dikelola oleh Ibu Ekky Puji Lestari, usaha yang berfokus pada kreasi lilin ini telah sukses merambah ke kancah internasional. UKM Griya Lilin memiliki berbagai variasi lilin, seperti scented candle dan dummy food atau lilin replika makanan.

Setelah berdiskusi dengan pihak kelurahan dan UKM terkait kebutuhan yang diperlukan, terbentuklah tujuh program kerja yang dilaksanakan oleh kelompok 64, yaitu Pelatihan Glass Painting bersama Forum Anak, Pelatihan Kreasi Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah bersama PKK Pokja 2 Kelurahan Joyosuran.

Sosialisasi JKN Mobile bersama BPJS Kesehatan Kota Surakarta, Pendampingan Foto Katalog Produk Griya Lilin, Pelatihan Pembuatan Kain Shibori bersama SDN Harjodipuran, Rebranding Marketplace Shopee UKM Griya Lilin, dan Rebranding Packaging UKM Griya Lilin.

Kelompok 64 berusaha untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat yang ada di kelurahan Joyosuran pada kegiatan KKN ini, maka dari itu kelompok 64 bekerja sama dengan SDN Harjodipuran, PKK Pokja 2 Kelurahan Joyosuran, dan BPJS Kesehatan.

Sehingga dari kalangan muda hingga tua telah terlibat dalam semua program kerja yang dirancang oleh kelompok 64. Namun, berpatok dari tema kelompok, tujuan utama dari kelompok 64 ini ialah pemberdayaan UKM Griya Lilin yang meliputi kegiatan foto katalog produk, rebranding marketplace, dan rebranding packaging lilin. Hal ini didasari oleh kebutuhan UKM itu sendiri agar dapat meningkatkan product value melalui visual product.

“Kelompok KKN UNS memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Joyosuran, dari yang usia anak-anak hingga usia produktif (ibu-ibu anggota PKK). KKN UNS mampu memberikan wawasan dan pelatihan keterampilan dan memotivasi kewirausahaan bagi masyarakat Joyosuran. Untuk pengabdian di Griya Lilin, cukup membantu dalam membuat foto produk yang lebih baik serta mampu menyerap ilmu yang dipelajari di Griya Lilin dan kembali menyampaikan ilmunya ke masyarakat di wilayah Joyosuran”, jelas Bu Ekky.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut