get app
inews
Aa Read Next : Wawali Tangsel Perintahkan Evaluasi Oknum ASN di Kelurahan Bhakti Jaya Akibat Pungli 

Peringati HPSN 2024: Ini Sorotan Terhadap Sampah Plastik dan Langkah DLH Tangsel

Rabu, 06 Maret 2024 | 17:20 WIB
header img
Peringati HPSN 2024: Ini Sorotan Terhadap Sampah Plastik dan Langkah DLH Tangsel (Foto: iNewskaranganyar. id/Doni Mahendro)

TANGSEL, iNewskaranganyar.id - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengambil langkah serius dalam menangani permasalahan sampah plastik

Dalam acara yang diselenggarakan di Taman Jaletreng, Serpong, DLH Tangsel menyoroti pentingnya mengatasi sampah plastik dengan cara produktif, pada Rabu 6 Maret 2024.

Kepala DLH Kota Tangerang Selatan, Wahyunoto Lukman, menjelaskan bahwa pemerintah kota, melalui DLH, terus melakukan sosialisasi mengenai pengurangan sampah plastik, sebagaimana yang diamanatkan dalam Perwal nomor 83 tahun 2022. 

"Salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah membagikan peralatan bahan pakai ulang kepada pedagang dan masyarakat," terang Wahyunoto Lukman.

Menurut Wahyunoto Lukman, sosialisasi dilakukan dengan mengganti penggunaan tas kresek dengan tas belanja dan kotak makan yang dapat dipakai berulang kali. 

Meskipun demikian, pihak DLH Tangsel tetap memastikan bahwa sosialisasi terhadap Perwal nomor 83 tahun 2022 tentang pengurangan kantong plastik terus dilakukan secara massif.

"Pentingnya penanganan sampah plastik tidak hanya karena menciptakan kebersihan visual, namun juga karena dampak negatifnya terhadap lingkungan," jelas Wahyunoto Lukman.

"Sampah plastik sulit terurai secara alami oleh alam, sehingga dapat menyebabkan pencemaran tanah dan air," ungkapnya.

Akumulasi sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik dapat merusak ekosistem dan berdampak serius pada kesehatan manusia.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut