get app
inews
Aa Read Next : 4 fakta menarik Gunung Lewotobi, Gunung Berkawah Besar Berbentuk Bulan Sabit

Menyibak Mistis Danau Segara Anak Gunung Rinjani Tempat Tinggal Para Jin

Senin, 04 Desember 2023 | 17:28 WIB
header img
Misteri Dibalik Keindahan Gunung Rinjani, Gunung Tertinggi ke Dua di Indonesia yang Bikin Bulu Kuduk Merinding (Foto: Wikipedia)

LOMBOK, iNewskaranganyar.id - Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl.

Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Utara. Gunung Rinjani  merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. 

Puncak Gunung Rinjani merupakan tujuan sebagian besar para petualang dan pencinta alam yang mengunjungi kawasan ini karena apabila telah berhasil mencapai puncak

Namun sebelum sampai kepuncak Gunung Rinjani terdapat Danau Segara Anak. Danau Segara Anak ini hanya berjarak lima kilometer dari puncak Gunung Rinjani. Danau Segara Anak ini dikenal indah. Dibalik keindahannya, danau ini menyimpan cerita mistis.

Di sekitar Danau Segara Anak yang mempesona terdapat gua dan juga air terjun. Di beberapa gua tersebut terdapat mata air belerang yang biasanya digunakan penduduk lokal untuk mencuci pusakanya saat Upacara Pekelem.

Misalnya di Gua Susu yang ditempuh sejauh 1 kilometer dari Danau Segara Anak dengan trekking. Gua eksotik ini dinamai Gua Susu karena terdapat stalagtit cantik yang berwarna putih seputih susu. Tetapi, dibalik keunikannya, menurut cerita legenda setempat, Gua Susu sering dijadikan tempat bersemedi.

Namun, tidak sembarang orang bisa bersemedi di dalam Gua Susu. Menurut cerita, apabila orang yang bersemedi memiliki niat jahat, maka dia seketika meninggal di dalam gua yang suhunya memang sangat panas karena terdapat sumber air panas.

Danau Segara Anak memang dipercaya sebagai kawasan bertuah dan sakral. Konon, kawasan sekitar Danau Segara Anak diyakini sebagai tempat tinggal para jin penghuni Gunung Rinjani.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut