get app
inews
Aa Read Next : Menyibak Mistis Danau Segara Anak Gunung Rinjani Tempat Tinggal Para Jin

Mengenal Rinjani, Gunung Sakral Tertinggi ke Dua di Indonesia di Pulau Lombok

Sabtu, 04 Maret 2023 | 09:45 WIB
header img
Mengenal Rinjani, Gunung Tertinggi ke Dua di Indonesia di Pulau Lombok (Foto: Tangkapan Layar Instagram)

LOMBOK, iNewskaranganyar.id - Gunung Rinjani salah satu yang masuk kedalam 7 gunung tertinggi di indonesia. 

Di Indonesia terdapat tujuh gunung tertinggi diantaranya Casrtensz Pyramid dengan puncaknya jimestone dengan salju abadinya. Kemudian, Gunung Kerinci dengan puncak Idrapura berjenis strato vulcano. 

Selanjutnya Gunung Semeru dengan puncaknya Kubah lava, Gunung Latimojong dengan puncaknya terdapat hutan tipe montona, Gunung Slamet dengan puncaknya berbentuk kerucuk, Gunung Binaiya dengan puncaknya pegunungan karen. 

Sedangkan Gunung Rinjani sendiri yang menmpati posisi ketiga Gunung tertinggi di Indonesia memiliki Ppuncak Anjani berjenis strato dengan danau kawah.

tak heran bila Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) terkenal akan keindahannya dan jadi favorit para wisatawan pencinta alam, bukan saja di Indonesia, tapi juga mancanegara. Rinjani bak gunung surga.

Gunung Rinjani memiliki tinggi 3.726 meter di atas permukaan laut (MDPL), Rinjani merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Menaklukkan puncak Gunung Rinjani adalah tujuan banyak pendaki.

Berikut 10 fakta menarik tentang Gunung Rinjani.

1. Terletak di Garis Wallace

Lokasi persis Gunung Rinjani terletak pada area perbatasan garis Wallace, yang merupakan garis pertemuan flora fauna asiatis dan australis dalam perspektif ilmu Geografi. Hal ini membuat gunung ini kaya akan beragam flora dan fauna.

Ada banyak jenis hewan dan tumbuhan unik yang berkembang disini, di antaranya adalah bunga edelweiss yang unik. Sementara untuk fauna nya terdapat lutung budeng, kijang, burung kolibri, hingga trenggiling.

2. Gunung Tertinggi Ketiga di Indonesia

Dengan ketinggiannya yang mencapai 3.726 MDPL, Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Jayawijaya di Papua dan Gunung Kerinci di Jambi.

3. Dijuluki Gunung Pantai

Tidak seperti gunung pada umumnya, Gunung Rinjani terdiri dari hamparan padang sabana sehingga udara terasa panas untuk ukuran gunung. Hal itu dilengkapi dengan banyaknya tiupan angin kencang yang ada di permukaannya, menjadikan Gunung Rinjani dijuluki gunung pantai karena kemiripan suhu dan iklimnya dengan area pantai.

4. Dianggap Sakral

Masyarakat Lombok menganggap Gunung Rinjani sebagai gunung yang sakral dan memiliki nilai spiritual. Warga setempat percaya bahwa gunung ini adalah pelindung Pulau Lombok.

Tak ayal masyarakat Lombok kerap mengadakan upacara adat dan ritual keagamaan di Gunung Rinjani. Bahkan suku Sasak yang merupakan warga asli Lombok membangun rumah dengan menghadapkannya ke arah Gunung Rinjani berada.

5. Namanya Berasal dari Bahasa Jawa

Meskipun berada di Pulau Lombok, nama Gunung Rinjani justru berasal dari Bahasa Jawa Kuno dimana Rinjani sendiri berarti ‘Tuhan’. Masyarakat setempat memilih penamaan tersebut dari seorang putri raja yang sedang bersemedi di Lombok. Sang putri itu bernama Anjani.

6. Memiliki Anak Gunung yang Sering Meletus

Sebagai gunung besar, Rinjani memiliki anak gunung yang bernama Gunung Barujari. Adapun aktivitas vulkanik dari Gunung Rinjani justru banyak berasal dari sang anak gunung.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut