get app
inews
Aa Read Next : Anya Geraldine Jalani Tradisi Melukat di Bali, Isu Pindah Agama Mencuat

Kisah Misteri Gunung Batutara, Legenda Misterius Pulau Hantu

Rabu, 11 Oktober 2023 | 21:05 WIB
header img
Kisah Misteri Gunung Batutara, Legenda Misterius Pulau Hantu (foto: Okezone)

LABUHAN BAJO, iNewskaranganyar.id - Daya tarik Lewoleba tak hanya terletak pada keindahan baharinya yang memesona. Daerah ini juga ada gunung api terpopuler nomor dua di Indonesia yakni, Gunung Merapi Ile Batutara.

Potensi wisata Nusa Tenggara Timur tidak diragukan lagi. Setelah Labuan Bajo ditetapkan sebagai destinasi super premium, ada juga spot-spot wisata baru yang siap memanjakan wisatawan, sebut saja Lewoleba di Kabupaten Lembata.

Gunung Merapi Ile Batutara sebetulnya sudah cukup dikenal dikalangan pencinta alam atau wisata minat khusus. Pada 2017, gunung ini meraih medali perak untuk kategori destinasi wisata terunik dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API).

Lantas seperti apa daya tariknya?

Gunung Ile Batutara ternyata memiliki sejarah yang melegenda. Gunung ini awalnya dianggap misterius karena tidak berpenghuni, bahkan tidak ada tanda-tanda bahwa Gunung Ile Batutara termasuk gunung berapi.

Hal ini membuat warga sekitar tidak pernah merasa terancam. Justru informasi yang berkembang adalah kisah-kisah mistis dari pulau yang dinamakan Komba tersebut.

Saking misteriusnya, Pulau Komba tersebut bahkan dijuluki sebagai pulau ‘hantu’. Setelah ‘tertidur’ selama 1,5 abad, akhinya pada Maret 2007, Pulau Komba berdentum dan baru disadari ternyata ada gunung berapi di dalam perutnya.

Gunung tersebut sekarang dinamai Ile Batutara yanng awalnya disebut juga gunung ‘hantu’ karena meletusnya setelah kurun waktu yang lama.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut