get app
inews
Aa Read Next : Keren, Perumahan Minimalis Bergaya Modern untuk Polisi Diresmikan di Karanganyar

Sambangi Kota Kelahiran Pancasila, Jokowi Kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende

Rabu, 01 Juni 2022 | 18:07 WIB
header img
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Jokowi menyambangi rumah pengasingan Bung Karno di Ende Nusa Tenggara Timur (Foto: Biro Pers Satpres)

ENDE, iNews.id  - Rumah Pengasingan Bung Karno, Presiden pertama RI di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi saksi bisu sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Tempat dimana Bung Karno melahirkan pemikiran dan gagasan Pancasila yang akhirnya disahkan sebagai dasar negara.Pemikiran tersebut muncul saat bung Karno diasingkan ke Ende selama empat tahun, mulai 14 Januari 1934 hingga 18 Oktober 1938.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Jokowi, berkunjung Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022).

Dilansir dari laman setkab.go.id menyebutkan, di sana, Presiden dan Ibu Iriana melihat barang-barang peninggalan Bung Karno bersama keluarga selama diasingkan.

Diantaranya lukisan tangan Bung Karno dan naskah drama sandiwara yang terukir kesan mendalam akan nilai persahabatan, kerakyatan, dan cintanya terhadap alam.

Syarifudin, Juru Pelihara tempat bersejarah tersebut, sampaikan Rumah Pengasingan Bung Karno terkenal sampai ke luar negeri. 

Kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini membuatnya senang dan bersyukur atas kunjungan ke Rumah Pengasingan Bung Karno dilaksanakan tepat di hari lahir Pancasila.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut