get app
inews
Aa Read Next : Kurangi Polusi Udara, Mulai Besok ASN DKI Jakarta Bekerja dari Rumah 

7 Deretan Lagu Khas Daerah DKI Jakarta, Hapal?

Minggu, 01 Oktober 2023 | 10:56 WIB
header img
7 Deretan Lagu Khas Daerah DKI Jakarta, Hapal? (foto: tangkapan Layar Youtube)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Siapa yang tak pernah dengar lagu Jali-Jali. Tentu, semua masyarakat pasti sudah mendengar lagu ini.  Tak hanya mendengar, dengar irama musiknya saja, masyarakat sudah bisa menebak bila lagu ini berasal daerah Betawi dari Jakarta.  Jali-Jali, salah satu lagu khas paling populer dari Betawi. Lagu ini berasal dari kata buah Jali. 

Lagu jali-jali yang merupakan salah satu khasanah musik dan lagu yang berasal dari Betawi ini, asal usulnya diyakini lahir, dikembangkan oleh kaum China peranakan Jakarta melalui musik tradisional mereka gambang kromong, yang kemudian menjadi musik khas Betawi.

Melalui permainan biolanya lagu ini dipopulerkan oleh M. Sagi yang merupakan pimpinan orkes kerontjong M. Sagi pada tahun 1942, karena kental dengan budaya Betawi lagu jali-jali kemudian menjadi lagu rakyat Betawi. 

Pada tahun yang sama, di bagian pembuka lagu ini dinyanyikan secara bersahutan antara wanita dan pria.

Seperti kebanyakan lagu yang berasal dari Betawi, lirik jali-jali merupakan jalinan pantun yang dipadukan nada dan musik riang yang berfungsi untuk penghibur hati yang sedang berduka atau sedih. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut