get app
inews
Aa Read Next : Siapa Tokoh Dibalik G30S? Dan Inilah 7 Jenderal Korban Keganasan PKI

Catatan Kelam Pemberontakan G30SPKI, Menyibak 7 Sub Kesatuan Pasopati Eksekutor Para Jenderal

Sabtu, 30 September 2023 | 11:39 WIB
header img
sejarah G30S PKI, 7 jenderal pahlawan revolusi dibuang ke Lubang Buaya. Foto: ist

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Menyibak 7 Sub Kesatuan Pasopati Eksekutor Para Jenderal hidup atau mati. Pada pukul 2.30 WIB pagi dini hari tanggal 1 Oktober 1965, Letnan Satu Dul Arief selaku pimpinan Kesatuan Pasopati dari Gerakan 30 September memeriksa barisannya di Lubang Buaya, pada sebidang lapangan di pinggiran Pangkalan Udara Halim, sebelah tenggara Jakarta.

Seperti dikutip dalam buku Tragedi Nasional Percobaan KUP G30S/PKI di Indonesia, Jumat (29/9/2023), Kesatuan Pasopati dibagi dalam tujuh Sub Kesatuan. Setiap Sub Kesatuan bertanggung jawab untuk menculik serta membawa ke pangkalan Lubang Buaya masing-masing satu jenderal dalam daftar yang dibuat.

Kesatuan-kesatuan tersebut diatur sebagai berikut: 

1. Sub Kesatuan yang bertanggung jawab menculik Jenderal Abdul Haris Nasution di bawah komando Pembantu Letnan Dua, Djahurub dari Resimen Tjakrabirawa, yang terdiri dari satu regu Batalyon I Resimen Tjakrabirawa, satu peleton masing-masing dari Batalyon Pasukan Para 454 dan 530, Kesatuan Pasukan Para Angkatan Udara, dan satu peleton sukarelawan dan Pemuda Rakyat. 

2. Sub Kesatuan yang diserahi menculik Letnan Jenderal Achmad Yani di bawah komando Pembantu Letnan Satu, Mukidjan dari Brigade 1, terdiri dari masing-masing satu peleton dari Brigade Infanteri 1, Batalyon Pasukan Para 454, dan 530, satu regu dari Tjakrabirawa dan dari Kesatuan Pasukan Para Angkatan Udara, serta dua regu dari Pemuda Rakyat. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut