get app
inews
Aa Read Next : Gagal Perang Sarung di Nayu Solo, 1 Pelaku Diamankan

Keraton Kasunanan Luncurkan Portal Resmi Digital, Kenalkan Tradisi Jawa Untuk Dunia Internasional

Rabu, 27 September 2023 | 18:51 WIB
header img
Putri Raja Pakubuwono XII GKR Wandansari atau Gusti Moeng didampingi KGPH Hangabehi serta putri Keraton lainnya secara resmi mmukul gong tanda peluncuran portal resmi Keraton Kasunanan (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO, iNewskaranganyar.id - Keraton Surakarta Hadiningrat secara resmi meluncurkan portal resmi Keraton Kasunanan. Lewat portal resmi Keraton Kasunanan, masyarakat luas bisa mengenal dan mengetahui lebih dekat Keraton Kasunanan. Mulai dari sejarah, adat istiadat hingga budaya jawa.

Secara resmi, putri raja Pakubuwono XII GKR Wandansari didampingi Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Hangabehi meluncurkan portal resmi Keraton Kasunanan Surakarta bertempat di Sasana Handrawina.

Selain itu, Keraton Surakarta juga akan mengabadikan aspek unik yang menjadi bagian dari budaya mereka dengan merilis koleksi NFT (non-fungible token). Dengan teknologi blockchain, NFT ini akan memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Termasuk juga memperkenalkan token crypto yang diberi nama "MASA,". Terinspirasi dari koin mata uang pertama Kerajaan Mataram kuno yang terbuat dari emas dan memiliki nilai yang sangat tinggi. 

Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Hangabehi dalam sambutannya sampaikan  selama dua abad lebih semua terus menjaga dan melestarikan budaya dan tradisi para leluhur.

Seiring perkembangan jaman digital dewasa ini, kami tetap berusaha menjaga eksistensi budaya dan ingin menjangkau, serta lebih dekat dengan masyarakat melalui ekosistem digital Karaton Surakarta Hadiningrat.

"Disamping itu banyak peninggalan Keraton Surakarta yang perlu digali agar masyarakat juga bisa mengetahui apa saja yang ada di dalam kraton Solo,"papar KGPH Hangabehi, Rabu (27/9/2023). 

"Agar bisa  dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kepentingan kemajuan pendidikan, kebudayaan, dan lain sebagainya," imbuhnya. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut