get app
inews
Aa Read Next : Imbas Abu Vulkanik Marapi, Bandara Minangkabau Ditutup Sementara

Cerita Rakyat, Legenda Gunung Kelud Bersaudara dengan Gunung Merapi Serta Kisah Dendam Lembu Sora

Kamis, 17 Agustus 2023 | 17:58 WIB
header img
Cerita Rakyat, Legenda Gunung Kelud Bersaudara dengan Gunung Merapi Serta Kisah Dendam Cinta Lembu Sora yang bertepuk sebelah tangan (Foto: Okezone)

KEDIRI, iNewskaranganyar.id - Masyarakat Jawa mempercayai antar Gunung Kelud dan Gunung Merapi memiliki hubungan yang erat. Keyakinan ini terlihat saat Gunung yang terletak di wilayah Kediri ini erupsi.

Saat erupsi, abu vulkanik gunung Kelud sampai ke wilayah Sleman, Yogyakarta. Saat itu, warga Tempel Kabupaten Sleman, Yogyakarta, terkejut saat abu vulkanik Gunung Kelud mendarat pukul tujuh pagi.

Warga sontak mengurungkan niat berangkat ke ladang. Di atas genting rumah mereka, pasir lembut berwarna putih mengguyur tak putus putus. Hujan debu. 

"Mbah Kelud lagi menyapa Merapi," tutur Ny Rosmiati (67) yang saat itu langsung menghubungi sanak kerabatnya di Blitar, Jawa Timur. Pasir lembut bertebaran di mana-mana. Di rumah-rumah. 

Di pepohonan. Di jalan-jalan. Menempel pada kaca dan bodi kendaraan yang berlalu-lalang. Karena tidak kuat menahan beban, talang-talang air berbahan paralon, pada ambrol. Begitu juga plafon rumah. 

Tidak sedikit yang jebol. Daun dan buah salak yang menjadi tanaman andalan di Tempel, Sleman, juga tidak luput dari sasaran. Tidak sedikit yang rebah sekaligus memutih.

Dengan menyodorkan berbagai bukti catatan historis, Pemkab Blitar menggugat. Polemik gunung setinggi 1.731 meter di atas permukaan laut (Mdpl) tersebut, dibawa ke pusat dan Kemendagri memutuskan status quo hingga hari ini.

"Ya biar diambil Kediri beserta abu abunya," kata Khamim yang mengaku masih jengkel ketika mengingat polemik itu. 

Pada erupsi 13 Februari 2014, wilayah Kediri terdampak parah. Sepanjang jalan Kabupaten Kediri, yakni mulai perbatasan Kabupaten Blitar hingga wilayah Kediri, penuh dengan pasir Kelud. 

Di sepanjang jalan banyak dijumpai rumah serta bangunan fasilitas umum yang lantak. Kelud betul-betul mengamuk. Jalan Doho, yang merupakan jalur utama sekaligus pusat keramaian Kota Kediri, berubah menjadi lautan pasir. Seluruh pemilik toko seketika berhenti jualan. Aktifitas ekonomi lumpuh total.

Sementara di wilayah Blitar Raya, pemandangan justru sebaliknya. Abu vulkanik Kelud hanya menyaput tipis. Seolah sedang tidak terjadi apa apa. 

"Padahal pada saat erupsi tahun 1990, kondisi di Blitar lebih parah. Tebal pasir di jalan raya di atas mata kaki orang dewasa," tutur Khamim. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut