get app
inews
Aa Read Next : Imbas Abu Vulkanik Marapi, Bandara Minangkabau Ditutup Sementara

Penyebab Gunung Marapi Meletus Serta Sejarah Letusan hingga Erupsi Besar di Minggu Pon

Selasa, 05 Desember 2023 | 21:28 WIB
header img
Penyebab Gunung Marapi Meletus Serta Sejarah Letusan hingga Erupsi Besar di Minggu Pon (Foto: Wikipedia)

TANAH DATAR, iNewskaranganyar.id - Erupsi Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam, Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) membawa korban jiwa. 11 pendaki yang saat itu tengah mendaki tewas. 

Selain membawa korban jiwa, kolom abu material vulkanik tingginya hingga mencapai 3000 meter pada saat gunung tersebut erupsi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut, erupsi Gunung Marapi ini tidak didahului oleh peningkatan gempa vulkanik yang signifikan. Pemicu erupsi yang sudah dipastikan saat ini adalah akumulasi tekanan sangat dangkal.

Berdasarkan catatan kejadian, Gunung Marapi pernah meletus pada 8 September 1830. Dari keterangan tertulis yang disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, disebutkan saat terjadi letusan pada 8 September 1830, Gunung Marapi mengeluarkan awan pekat berbentuk kembang kol abu-abu kehitaman, dengan ketinggian 1.500 meter di atas kawah, disertai dengan suara gemuruh.

Letusan hebat Gunung Marapi, kembali terjadi pada 30 April 1979. Dalam peristiwa ini, dilaporkan ada 60 orang tewas akibat letusan Gunung Marapi. Selain itu, juga dilaporkan ada sebanyak 19 orang pekerja penyelamat terperangkap tanah longsor.

Gunung Marapi, kembali menunjukkan geliatnya pada akhir tahun 2011, hingga awal tahun 2014. Gunung Marapi menampakkan peningkatan aktivitas, melalui letusan yang menyemburkan abu dan awan hitam.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut