get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Sahur & Subuh Ramadhan Hari ke 3 Sukoharjo dan Sekitarnya Kamis 14 Maret 2024

Sosialisasi 4 Pilar, Aria Bima Tekankan Pancasila Tak Hanya Bersifat Statis Sebagai Ideologi Bangsa

Selasa, 25 Juli 2023 | 21:30 WIB
header img
Sosialisasi 4 PIlar, Aria Bima Tekankan Pancasila Tak Hanya Bersifat Statis Sebagai Ideologi Bangsa (Foto: Ist)

SUKOHARJO, iNewskaranganyar. id - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima menyebut Pancasila tidak hanya bersifat statis sebagai ideologi bangsa dan dasar negara, tetapi juga bersifat dinamis.

Karena  Pancasila juga menjawab persoalan pertanian, kesehatan, pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan sebagainya .

"Yang menjadi problem saat ini, bagaimana  narasi Pancasila perlu ditradisikan. Bagaimana menterjemahkan ini di dalam segmented masyarakat seperti ke petani, buruh, nelayan dan sebagainya termasuk di lingkungan pesantren, seminari, di pendeta Hindu, Budha dan lain sebagainya,"  jelas Anggota DPR RI, Aria Bima di sela-sela Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, di Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (25/7/2023).

Menurut politisi PDIP itu, Pancasila harus ditradisikan dengan menggunakan  metodenya  base on society  dan base on community. Untuk komunitas, sudah jelas karena ada di lingkungan pesantren atau lembaga lainnya. Sedangkan  base on society dengan melihat melalui media sosial yang semakin banyak memuat konten-konten.

"Banyak sekali konten-konten yang tidak menyebut Pancasila.  Tapi sebenarnya Pancasila itu baik di pesantren atau  lainnya, saya yakin banyak dijalankan tapi hanya kurang dinarasikan bahwa itu adalah Pancasila," jelasnya lagi.

Ia mengatakan pesantren, seminari dan lembaga pendidikan keagamaan lainnya menjadi tempat yang sangat pas untuk mentradisikan Pancasila. Menjadi based on community didalam memahami dan mendidik anak-anak tentang nilai-nilai Pancasila.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut