get app
inews
Aa Read Next : Pilot Kirim Pesan Mayday Sebelum Pesawat Cessna Jatuh di BSD Tangerang

Anaknya Punya Prestasi Tapi Tak Lolos, PPDB SMA Negeri di Tangsel Jadi Sorotan

Selasa, 18 Juli 2023 | 17:58 WIB
header img
Anaknya Punya Prestasi Tapi Tak Lolos, PPDB SMA Negeri di Tangsel Jadi Sorotan (Foto: ilustrasi)

TANGERANG SELATAN, iNewskaranganyar.id- Sengkarut proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Periode 2023 / 2024 di Provinsi Banten jadi sorotan. Salah satunya, proses PPDB yang terjadi di SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dikeluhkan orang tua siswa.

Seperti yang disampaikan oleh HS (60). Orang tua tersebut merasa kesal usai anaknya yang memiliki prestasi justru terpental alias tersingkirkan melalui jalur prestasi saat mengikuti proses pendaftaran di SMA Negeri di Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, Selasa 18 Juli 2023.

"Saya bingung, kok anak saya yang punya prestasi tidak lolos seleksi dan kalah dengan siswa lain yang tidak punya prestasi akademik," terang HS kepada wartawan.

"Mereka, panitia penerimaan tidak selektif. Saya pertanyakan syarat kualitas sertifikat, jangan-jangan sertifikat abal abal yang penting supaya bisa diterima di SMAN," ujarnya.

Meski demikian, HS menjelaskan saat mendaftarkan anaknya di SMA Negeri tersebut tidak menyertakan sertifikat non akademik. Dengan begitu, kata HS, anaknya tersingkir dengan siswa lain yang memiliki nilai rata-rata 78 di bawah nilai yang di miliki anaknya.

Sementara, Kepala SMA Negeri yang berlokasi di Serpong Utara, Tangerang Selatan, berinisial MJT saat dikonfirmasi wartawan enggan memberikan tanggapan. Meski wartawan telah berupaya menghubungi melalui jejaring WhatsApp terkait persoalan itu namun panggilan ditolak.

Terpisah, dugaan kecurangan PPDB SMA Negeri pun juga terindikasi terjadi di wilayah Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Keberadaan sekolah yang tergolong favorit tersebut jadi sorotan lantaran diam-diam menampung siswa titipan alias jual-beli kursi.

Meski satu sisi, proses PPDB tingkat SMA-SMK Provinsi Banten sendiri telah berakhir melalui pengumuman resmi pada 14 Juli 2023 lalu. Namun, banyak calon siswa tersingkir dari jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, prestasi akademik dan non akademik.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut