get app
inews
Aa Read Next : Tokoh-tokoh Parpol di  Surakarta Ramai-ramai Dukung Patroli Polisi Jelang Pemilu

Waspada! Polusi Udara Buruk, Penyakit Mematikan Intai Warga Jakarta

Jum'at, 16 Juni 2023 | 22:44 WIB
header img
Penyakit mematikan intai warga Jakarta (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Bukan rahasia lagi bila polusi udara di Ibukota Jakarta sangat tinggi. Bahkan buruknya kualitas udara di Jakarta ini terpantau melalui alat pengukur udara AirVisual.

Dampak dari tingginya polusi udara di sebuah kota memang bisa mengganggu kesehatan. Paling membahayakan yakni berdampak pada paru-paru, tetapi bukan memengaruhi kardiovaskular.

Spesialis Jantung Dr Doni Yugo Hermanto, SpJP(K) menjelaskan walau polusi Jakarta sangat tinggi, dampaknya tidak langsung memengaruhi kardiovaskular. Melainkan masyarakat rentan mengalami gangguan paru dan pernapasan

"Penelitiannya kalau polusi udara langsung berdampak pada paru-paru, bukan serangan jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya," ucap Dr Dony seperti dikutip iNewskaranganyar.id dari okezone saat ditemui belum lama ini.

Dr Dony menyebutkan, faktor risiko penyakit jantung itu termasuk adanya penyakit jantung koroner, merokok, hipertensi, diabetes, kolesterol, sampai adanya riwayat keluarga.

Bahkan ada juga yang menganggap, ketika orang olahraga di tengah polusi tinggi bisa timbul serangan jantung. Tenang, itu cuma mitos saja kok, sekali lagi dampak polusi tidak berpengaruh pada kardiovaskular.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut