get app
inews
Aa Read Next : Sinergi Pemilu Damai, TNI-Polri Gelar Baksos Hingga Tanam Pohon di Lereng Bukit Beruk Karanganyar

Inilah Rekomendasi BMKG agar Masyarakat Tetap Waspada Hadapi Cuaca Buruk 

Jum'at, 30 Desember 2022 | 13:29 WIB
header img
Salah satu rekomendasi BMKG adalah tetap waspada bagi pengguna transportasi penyeberangan (Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid)

JAKARTA, iNewsbadung.id - Cuaca di beberapa daerah di Indonesia sedang tidak bersahabat, karena itu BMKG memberikan rekomendasi bagi masyarakat agar tetap waspada menghadapi cuaca buruk

Rekomendasi ini juga diberikan BMKG, untuk pihak-pihak terkait melakukan persiapan, menghadapi cuaca buruk, tentunya agar semua aktivitas dapat berjalan baik, serta lancar, tanpa kendala apapun. 

Inilah catatan iNewsbadung.id terkait rekomendasi BMKG yang dihimpun dari Instagram resmi BMKG @infobmkg. 

1. Antisipasi Peningkatan Curah Hujan 

BMKG menyarankan agar pihak-pihak terkait memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air, sehingga siap untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan curah hujan.

2. Penataan Lingkungan 

Rekomendasi kedua dari BMKG adalah menghimbau pihak-pihak terkait agar melakukan penataan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan kembali secara lebih masif. 

3. Meningkatkan Kewaspadaan 

Rekomendasi ketiga adalah mengharapkan masyarakat pengguna transportasi angkutan penyeberangan , untuk meningkatkan kewaspadaan sebagai salah satu upaya adaptasi dan mitigasi kondisi tersebut.

4. Pemangkasan Dahan 

Masyarakat dan pihak terkait juga diminta BMKG untuk melakukan pemangkasan dahan, ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan / tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang.

5. Gencarkan Sosialisasi 

Rekomendasi kelima adalah menghimbau pihak terkait menggencarkan sosialisasi edukasi, dan literasi secara lebih masif. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut