Logo Network
Network

Erina Gudono Jalani Prosesi Siraman Gunakan 7 Sumber Air Serta Air Zam Zam

Bramantyo
.
Jum'at, 09 Desember 2022 | 17:42 WIB
Erina Gudono Jalani Prosesi Siraman Gunakan 7 Sumber Air Serta Air Zam Zam
Erina Gudono gelar siraman gunakan 7 mata air dan air zam zam (Foto: Foto: Kris/ Biro Pers Satpres)

SLEMAN, iNewskaranganyar.id - Rangkaian prosesi siraman jelang pernikahannya dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, juga digelar calon mempelai putri, Erina Gudono. .

Erina Gudono melakukan prosesi siraman di kediamannya, Sleman, Yogyakarta, pada Jumat, 9 Desember 2022, selepas menjalankan prosesi sungkeman dan langkahan.

Prosesi siraman diawali dengan siraman pertama oleh sang ibu, Sofiatun Gudono, dari ujung kepala hingga ujung kaki Erina. 

Air siraman berasal dari tujuh sumber yakni air zamzam dari Masjidil Haram, kediaman calon pengantin wanita, kediaman calon pengantin pria, Keraton Yogyakarta, Keraton Surakarta, Mangkunegaran, dan Pakualaman. 

Erina juga tampak diluluri lima macam warna yang secara simbolis mengingatkan pada kewajiban rukun Islam.

Selain sang Ibu, tampak juga sejumlah tamu turut memberikan siraman sekaligus doa restu kepada Erina Gudono satu per satu.

Mereka adalah GKR Hemas, GKBRAy Atika Purnomowati, Siti Faridah Pratikno, Sutati Muhaimin, Zulaikha Surenggane, dan Nyai Hj Fatimatuz Zahro.

Selesai dimandikan, Erina kemudian dikeringkan dan dikenakan singep kain batik Yogyakarta bermotif grompol.

Pengenaan kain batik bermotif grompol di pundak Erina diyakini memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan segala cinta dari kedua keluarga. Grompol memiliki arti menyatu, rukun, sedangkan kain batik yang dikenakan saat menjalani upacara siraman bermotif nogosari.

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.