Logo Network
Network

Awali Siraman Pernikahan Putranya, Presiden Jokowi Pasang Bleketepe

Bramantyo
.
Jum'at, 09 Desember 2022 | 09:36 WIB
Awali Siraman Pernikahan Putranya, Presiden Jokowi Pasang Bleketepe
Presiden Jokowi memasang Blaketepe mengawali prosesi pernikahan Kaesang Pangarep (Foto: Ist)

SOLO, iNewskaranganyar.id - Proses pernikahan Kaesang Pangarep secara resmi dimulai. 

Mengawali rangkaian prosesi pernikahan putra bungsunya Presiden Jokowi melakukan ritual upacara pemasangan bleketepe yakni anyaman janur kuning yang sesuai tradisi Jawa diletakkan di bagian pintu masuk rumah Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo.

Pemasang bleketepe adalah proses pertama. Dilakukan langsung oleh Jokowi dan Iriana, yang menggunakan beskap warna Ungu dan ibu Iriana juga mengenakan kebaya senada.

Bleketepe merupakan berbagai hiasan seperti anyaman daun kelapa untuk peneduh (bleketepe), rangkaian janur kuning, pisang tuwuhan/suluhan, kelapa muda dan berbagai dedaunan. Sebagai simbol doa keselamatan lahir batin untuk pasangan pengantin yang akan menjalani prosesi pernikahan.


Presiden Jokowi dan Ibu Negara didampingi mantunya Bobby Nasution memasang Blaketepe prosesi pernikahan Kaesang-Erina

 

Dilanjutkan dengan prosesi Adang Sepisan (masak nasi pertama) dimana nanti Iriana akan memasak nasi dan Jokowi yang 'cethik geni' (nyalakan api di tungku). Yang memiliki makna orang tua bersama -sama memikul tanggung jawab. 

Dilanjutkan dengan acara inti yakni siraman. Di mana siraman sendiri adalah upacara adat ritual warisan nenek moyang kita yang mengandung banyak falsafah di dalamnya. 

"Proses  prosesi siraman dimaknakan agar para calon pengantin membersihkan diri dan hati sehingga semakin mantap untuk melangsung pernikahan esok harinya," jelas pemandu acara siraman Kaesang

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.