get app
inews
Aa Read Next : Gagal Perang Sarung di Nayu Solo, 1 Pelaku Diamankan

Sah! Prof Sajidan Terpilih Jadi Rektor UNS Pertama Berstatus PTN BH

Jum'at, 11 November 2022 | 16:47 WIB
header img
Universitas Sebelas Maret punya rektor baru (Foto:iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO, iNewskaranganyar.id - Rapat Pleno Majelis Wali Amanat (MWA) secara secara resmi memilih Prof Sajidan sebagai rektor pertama Universitas Sebelas Maret (UNS) berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

Prof Sajidan terpilih setelah mengungguli dua kandidat lainnya, Prof Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, Prof Hartono.

Dalam Rapat Pleno MWA tersebut dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan anggota MWA termasuk di dalamnya Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia (RI), yang diwakili oleh Inspektur Jenderal Kemendikbudristek RI, Dr. Chatarina Muliana.

Wakil Ketua Majelis Wali Amanah (MWA) Prof Dr Hasan Fauzi, sampaikan pada tahap awal ditawarkan untuk musyawarah mufakat. 

Pasalnya, sebelumnya, pemilihan rektor yang dilakukan secara voting dilakukan dengan voting tidak mencapai mufakat.

Terdapat 17 anggota MWA yang menghadiri rapat. Total sebanyak 25 suara yang terkumpul, dimana perwakilan Mendikbudristek memiliki 30% dari keseluruhan suara. 

Sesuai peraturan apabila dalam prosesnya tidak disepakati musyawarah mufakat maka bisa dilakukan pemilihan langsung melalui voting. 

"Hasil pemilihan tadi kita tawarkan musyawarah mufakat, dan sesuai peraturan kita lanjutkan dengan voting," papar Prof Hasan dalam konferensi pers di ruang rektorat 4 UNS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (11/11/2022).

Hasilnya, Profesor Sadjidan yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi (WR IV) meraih 12 suara.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut