get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Unik, Warga Tawangmangu Saling Berebut Ayam di Upacara Adat Mondosio

Simak 5 Hal Positif Mengenai Mitos Larangan Duduk Didepan Pintu, Apa Saja Itu

Senin, 01 Agustus 2022 | 09:22 WIB
header img
Mitos turun temurun larangan duduk didepan pintu (Foto:pixebay)

KARANGANYAR, iNews.id - Mitos jangan duduk didepan pintu masih kuat mengakar di masyarakat, terutama di Pulau Jawa. Beragam mitos yang beredar turun temurun hingga kini masih terus diyakini kebenarannya oleh sebagian masyarakat.

Mereka mempercayai duduk di depan pintu bisa membuat rejeki seret hingga sulit mendapatkan jodoh. ,Ada pula sebagian besar mengatakan bahwa, dengan duduk menghalangi pintu, seorang ibu hamil akan kesulitan dalam proses kelahiran bayinya. 

Akibatnya persalinan pun akan lebih lama. Berbagai macam mitos terkait larangan duduk didepan pintu.

Pelanggar pantangan ini konon bisa mengalami sakit akibat teguran dari si makhluk halus yang tak bisa lewat karena dihalangi didepan pintu.

Berdasarkan berbagai sumber yang berhasil diolah menyebutkan, Mitos larangan duduk didepan pintu ini sebenarnya tercipta karena adannya kebiasaan kebiasaan para wanita zaman dahulu gemar menghabiskan waktu duduk didepan pintu untuk mencari kutu atau tradisi nginang yang selalu dilakukan para embah-embah dulu.

Karena kebiasaan itulah, membuat orang lainnya yang hendak masuk kedalam rumah jadi kesulitan untuk masuk. Agar kebiasaan duduk didepan pintu tak terulang lagi, maka diciptakanlah mitos larangan duduk didepan pintu.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut