get app
inews
Aa Read Next : Keren, Perumahan Minimalis Bergaya Modern untuk Polisi Diresmikan di Karanganyar

Mitos Capung Masuk Rumah Siang atau Malam Benarkah Membawa Sial?

Kamis, 28 Juli 2022 | 14:52 WIB
header img
Mitos Capung Masuk Rumah Siang atau Malam Benarkah Membawa Sial? (Foto: ilustrasi/Pixebay)

KARANGANYAR, iNews.id - Mitos capung masuk rumah selalu dihubungkan dengan semacam adanya tanda-tanda akan terjadi sesuatu. Sebelum membahas mitos yang berkembang didaerah, terlebih dahulu mengenal sosok hewan satu ini.

Hewan ini diperkirakan sudah hidup semenjak 300 tahun lalu dan sudah jelas termasuk hewan purba. Hewan yang biasa disebut warga Jawa Barat tepatnya daerah Cirebon dengan sebutan Kinjeng ini sangat sensitif terhadap air. Dan tak mau hinggap di air yang kotor.

Sehingga, bisa dipastikan bila air itu dihinggapi capung, maka kondisi airnya cukup bagus. Kendati hewan ini termasuk indikator kejernihan air, namun hewan ini dianggap pembawa sial bila masuk kedalam rumah.

Namun ada juga mitos yang dipercaya bila anak kecil pusar di gigit capung bisa bikin anak berhenti ngompol. Apakah benar begitu?

1.Mitos Capung Rumah Malam Hari 

Mitos yang beredar di masyarakat Toba capung masuk rumah pada malam hari selalu dikaitkan adanya anggota keluarga yang akan tertimpa kesialan.

Masyarakat Toba percaya capung adalah kiriman dari orang yang berniat jahat. Tujuannya adalah untuk mencelakai salah satu anggota keluarga dan membawa petaka.

Masyarakat Toba yang percaya dengan mitos ini akan langsung membunuh capung yang masuk untuk menghindari petaka tersebut.

2. Mitos Capung Masuk ke Rumah Saat Siang Hari

Beda halnya dengan mitos capung yang masuk ke dalam rumah saat siang hari. Jika masuknya saat siang hari, capung katanya membawa berkah serta keberuntungan bagi penghuni rumah.

Penelitian menunjukkan bahwa jika capung masuk saat siang hari adalah tanda datangnya musim hujan setelah musim kemarau yang berkepanjangan.

Lantas bagaimana cara untuk mencegah Capung masuk, yaitu dengan cara mengurangi barang-barang menumpuk menjadi habitat yang nyaman bagi nyamuk, apalagi kalau menumpuk adalah baju.

Semakin banyak nyamuk di rumahmu, semakin besar pula kemungkinan capung untuk masuk. Meskipun capung ini bisa membasmi nyamuk di rumah, jika kehadirannya dalam gerembolan pasti akan merasakan juga. Bersihkan barang-barang 

Lakukan pembersihan rutin di rumah, buang barang-barang yang sekiranya hanya dibiarkan menumpuk tanpa manfaat. Selain itu rutin membersihkan sumber air wadah-wadah yang tergenang air menjadi habitat nikmat untuk nyamuk berkembang pesat.

Mungkin hal ini sedikit berat bagi kamu penggemar kolam hias, sebab kolam juga berpotensi sebagai tempat berkembangnya capung.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut