Deretan Tokoh Publik Keturunan Nabi Muhammad, Dari Ulama hingga Negarawan

Intan Afika Nuur Aziizah/Net
.
Minggu, 17 Juli 2022 | 14:37 WIB
Meskipun memiliki garis keturunan Rasulullah SAW, Quraish Shihab enggan dipanggil Habib. Foto/IG @quraish.shihab

JAKARTA,iNews.id - Deretan tokoh publik keturunan Nabi Muhammad SAW di Indoensia sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Siapa saja keturunan Nabi Muhammad sampai sekarang?

Marga keturunan Nabi Muhammad di Indonesia antara lain Assegaf, Alaydrus, Alatas, Aljufri, Alhabsyi, dan masih banyak lagi.

Berikut ini empat tokoh publik keturunan Nabi Muhammad SAW, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Quraish Shihab


Quraish Shihab

Tokoh publik keturunan Nabi Muhammad yang pertama adalah mantan Menteri Agama Quraish Shihab. Ia merupakan cucu Habib Ali bin Abdurrahman asal Hadhramaut, Yaman. Meskipun memiliki garis keturunan Rasulullah SAW, Quraish Shihab enggan dipanggil Habib. Pasalnya, ia merasa akhlak serta ilmu agamanya masih jauh dari yang dicontohkan Rasulullah SAW. Selain itu, Quraish Shihab juga enggan dipanggil Kyai. Menurutnya, gelar Habib dan Kyai sama-sama menuntut tanggung jawab.

2. Salim Segaf Al-Jufri


Salim Segaf Al-Jufri

Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Salim Segaf Al-Jufri adalah salah satu tokoh publik keturunan Nabi Muhammad SAW. Pria yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 17 Juli 1954 ini merupakan cucu dari ulama besar Palu, Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri atau lebih dikenal dengan nama Guru Tua pendiri Alkhairaat.

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini