get app
inews
Aa Read Next : Tangani Kasus Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK ke SYL, Polda Metro Jaya Janji Profesional

Heboh Stut Motor Kena Tilang, Begini Penjelasan Polda Metro Jaya

Sabtu, 09 Juli 2022 | 21:02 WIB
header img
Polda Metro Jaya membantah isu stut motor bakal kena tilang sebenar Rp 250 Ribu (Foto: Ilustrasi/Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Setelah sempat dihebohkan adannya tilang bagi pengendara gunakan sendal jepit saat berkendara dijalan umum, kini beredar kabar terkait sanksi tilang dan juga denda hingga Rp250.000 bagi pengendara sepeda motor yang kedapatan melakukan stut. 

Stut dianggap melanggar aturan tata cara penggandengan dan penempelan dengan kendaraan lain.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Sambodo Purnomo Yogo  memastikan tak ada sanksi tilang atau denda kepada pengendara sepeda motor yang melakukan stut atau mendorong motor lain. 

Mnurut Brigjen Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan stut motor biasanya dilakukan pengendara yang sedang membantu pemotor lain saat mengalami mogok. 

"Tidak ada (tilang), stut motor terjadi karena ada motor yang mogok atau habis bensin. Berarti masyarakat sedang dalam kesulitan," kata Sambodo di Jakarta, Sabtu (9/7/2022).

Sambodo mengatakan, dalam kondisi tersebut seharusnya petugas polisi ikut memberikan pertolongan kepada pengendara sepeda motor yang sedang mengalami kesulitan, bukan menilangnya. 

"Seharusnya polisi menolong, bukan menilang. Jadi Ditlantas Polda Metro Jaya tidak akan menilang yang stut motor, malah sebaliknya harus ditolong," ujar Sambodo.

Sebelumnya, beredar kabar terkait sanksi tilang dan juga denda hingga Rp250.000 bagi pengendara sepeda motor yang kedapatan melakukan stut. Stut dianggap melanggar aturan tata cara penggandengan dan penempelan dengan kendaraan lain.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut