get app
inews
Aa Read Next : Pantai Gunung Payung Mutiara Terpendam Dibalik Kokohnya Batu Karang Pulau Dewata Bali

Mengintip Koleksi Motor Lawas Ridwan Kamil, Termasuk BMW R60 Motor Klasik Dibeli dari Tukang Cukur

Jum'at, 01 Juli 2022 | 20:09 WIB
header img
BMW R60 Motor Klasik Dibeli dari Tukang Cukur motor klasik yang dibeli Ridwan Kamil dari salah satu tukang cukur di Bali (Foto: instagram @ridwankamil)

JAKARTA, iNews.id - Ridwan Kamil memang dikenal hobi sepeda motor. Gubernur Jawa Barat ini memiliki beberapa jenis motor keren, termasuk motor klasik

Salah satu yang motor klasik yang sering digunakan adalah Royal Enfield Classic 500 Battle Green. 

Namun ada satu koleksi yang dimiliki orang nomer satu di Jawa Barat ini yaitu BMW R60 motor klasik yang dibeli dari seorang tukang cukur di Bali. Seperti apa sich motornya.

Motor klasik tersebut adalah jenis BMW R60 berwarna hitam yang dibelinya dari tukang cukur di Denpasar, Bali, yakni Chiganoz Barbershop. 

Motor BMW R60 itu pernah menjadi sorotan saat dipakai Ridwan Kamil untuk membonceng Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada 2021 lalu. 

Chiganoz Barbershop sendiri ternyata bukan tukang cukur biasa. Ia merupakan kolektor sekaligus spesialis penjual kendaraan klasik mulai dari motor gede (moge) hingga mobil dengan surat-surat yang lengkap.

Sejarah BMW R60, Motor Klasik Milik Ridwan Kamil 

BMW R60 merupakan kendaraan yang diproduksi di Muenchen, Jerman, pada rentang tahun 1956 hingga 1981. BMW saat itu mengeluarkan beberapa varian seperti R60/2, R60/5, dan R60/7.

Seri pertama dari model R60 diproduksi pada mulai 1956 hingga 1960. Motor ini memang didesain sebagai kendaraan yang mampu menempuh jarak jauh. 

Secara desain fisik, motor ini sangat khas BMW dan unik. R60 adalah salah satu motor lelaki paling keren di masanya.  Secara performa, motor klasik itu dibekali mesin 494 cc, 4-tak, dengan 2 silinder dan berpendingin udara. 

Motor ini diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 28 tk dan dapat menembus kecepatan maksimal hingga 145 km/jam. Hingga pada 1960, model baru dari motor tersebut kemudian lahir. BMW R60/2 diproduksi selama kurun waktu hingga 1966.

Desain varian kedua ini masih tidak jauh berbeda dengan model awal. Pembawaannya masih sama dengan R60 baik secara tampilan jok terpisah, tangki bahan bakar, lampu depan, hingga knalpot model bambu.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut