get app
inews
Aa Read Next : Hasil Survei Solo Raya Polling, Elektabilitas Teguh Prakosa Tertinggi

Era Abundance Bakal Terjadi Di 2035, Prof Dr Henri Subiakto Sebut 50% Pekerjaan Diganti Robot

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:55 WIB
header img
Pada era Abundance 50 persen pekerjaan manusia bakal diambil alih oleh robot (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO, iNews.id - Era Abundance atau singular bakal terjadi sekitar tahun 2035-2040.

Dimana di era tersebut Guru Besar Bidang Komunikasi Universitas Airlangga Prof Dr Henri Subiakto yang hadir dalam Dies Natalis Universitas Slamet Riyadi (Unisri) ke 42 dengan Tema "Dengan Menguasai Teknologi, Unisri Ungguli di Era Digital", menyebut 50 persen pekerjaan manusia diambil alih robot.

Menurut Henri, pada era Abundance, sekitar 65 persen jenis pekerjaan yang belum ada saat ini akan muncul. Di sisi lain, robot dan artificial intelligence (AI) bakal mengambil alih 50 persen pekerjaan otot dan otak manusia.

"Pada masa itu, manusia diharapkan fokus pada pekerjaan bermartabat yang menggunakan kreativitas beserta hati dan jiwa yang tidak dimiliki mesin," kata Prof Dr Henri Subiakto, saat Dies Natalis ke 42 Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, belum lama ini.

Lebih lanjut Prof Henri mengatakan, dengan prediksi itu, perguruan tinggi harus mengantisipasi perubahan dengan mencetak sumber daya manusia atau talent yang mampu menghadapi kondisi masa depan.

Termasuk dosen dan pengelola pendidikan juga dituntut memiliki visi yang kuat untuk masa depan.

Selain itu menguasai teknologi dan metode yang sesuai dengan tuntutan masa depan. Dosen dan guru tak lagi hanya berperan sebagai pengajar.

"Namun harus mampu menjadi instructional designer, pembuat desain pendidikan sekaligus manajer konten mata kuliah dan mapel yang diajarkan," kata mantan staf ahli Menkominfo itu.

Pada kesempatan itu, Prof Henri juga menyinggung soal blockchain yang merupakan teknologi lanjutan dari digital.

Blockchain adalah teknologi digital dengan sistem penyimpanan atau bank data yang saling terkoneksi dengan penggunaan kriptografi.

Karena itu, pakar teknologi komunikasil Unair itu mendorong perguruan tinggi untuk memahami perkembangan teknologi blockchain, sehingga bisa ikut melakukan literasi kepada masyarakat.

Perguruan tinggi bisa mengadopsi teknologi itu untuk menjadi bahan kajian dan bahan kuliah mahasiswa agar lulusan punya nilai tambah saat menghadapi masa depan.

"Perguruan tinggi juga bisa mengembangkan blockchain untuk sistem pendidikan, sehingga memiliki pengalaman langsung mempraktikkan di lapangan,"ungkapnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut