JAKARTA, iNews.id - Tengah naik daun, jenis motor dua tak diera milinial ini semakin berjaya. Bahkan, ada anggapan punya motor jenis dua tak, seperti miliki harta karun.
Pasalnya, saat ini jenis motor dua tak, hargannya cukup selangit. Bisa dikatakan, punya motor jenis dua tak, harga jualnya seharga mobil baru. wow cukup menggiurkan.
Tidak dipungkirin urusan kecepatan motor 2 tak adalah rajanya, tak hayal motor ini sekaran menjadi incaran para kolektor, dengan harga yang tak masuk di akal.
Berikut delapan motor 2 tak yang semakin diburu para bikers
1. Yamaha RX King
Punya motor dua tak seperti miliki harta karun (Foto: Sindonews)
Yamaha RX King pertama kali muncul di Tanah Air pada 1983. Model ini adalah penyempurnaan dari RX K. King, begitu julukannya, sering disebut sebagai tonggak kebangkitan motor 2-tak di Tanah Air.
RX King berhenti berproduksi pada akhir 2009, karena terbatasi oleh standar Euro3. Edisi terakhir RX King sebenarnya telah dilengkapi dengan catalytic converter yang membuatnya lulus standar Euro 2. Harga Motor ini yang terbaru bisa tembus Rp150 Juta tahun produksi 2003.
2. Kawasaki Ninja 150
Dari sekian model, kontribusi terbesar berasal dari Ninja 150 RR atau yang juga dikenal sebagai Ninja 2 tak. Dekade 1990-an menjadi puncak popularitas motor-motor bermesin 2-tak. Kondisi ini mendorong Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dengan merilis Ninja 150 pada 1996 yang didatangkan langsung dari Thailand.
Kawasaki Ninja 150 menjadi pelopor sepeda motor yang menggunakan radiator sebagai pendingin mesin. Selain itu, mesin 150 cc menghasilkan performa yang responsif serta tenaga yang buas.
Ninja 150 berhenti produksi sejak Agustus 2015 lalu. Dari sekian banyak model, motor ini yang mampu bertahan paling akhir. Dan kini harganya di atas Rp35 juta termurah.
3. Honda NSR
Motor satu ini pernah jadi tunggangan idaman anak muda di seluruh Indonesia. Dirilis di awal tahun 90an, Honda NSR mampu menyedot animo penggila sport bike. Motor ini termasuk yang paling mahal ada di Indonesia dengan harganya yang sangat jauh dari motor bebek biasa.
NSR punya beberapa varian dengan karakteristik yang beda. Misalnya NSR 150 R dengan desain fairing sederhana, sampai NSR 150 SP dengan tampilan full sporty plus tulisan Repsol-nya yang melegenda.
Sayangnya, NSR ini mengalami discontinued padahal peminatnya dibilang stabil meskipun memang turun dari tahun ke tahun. Dulu, kalau sudah pakai motor ini, rasanya seperti tak ada yang bisa menyaingi. Harga termurah 60 Juta untuk type NSR SP
3. Honda NSR
Motor satu ini pernah jadi tunggangan idaman anak muda di seluruh Indonesia. Dirilis di awal tahun 90an, Honda NSR mampu menyedot animo penggila sport bike. Motor ini termasuk yang paling mahal ada di Indonesia dengan harganya yang sangat jauh dari motor bebek biasa.
NSR punya beberapa varian dengan karakteristik yang beda. Misalnya NSR 150 R dengan desain fairing sederhana, sampai NSR 150 SP dengan tampilan full sporty plus tulisan Repsol-nya yang melegenda.
Sayangnya, NSR ini mengalami discontinued padahal peminatnya dibilang stabil meskipun memang turun dari tahun ke tahun. Dulu, kalau sudah pakai motor ini, rasanya seperti tak ada yang bisa menyaingi. Harga termurah 60 Juta untuk type NSR SP
4. Yamaha TZM
Rivalitas Honda dan Yamaha bukan tercipta belakangan, melainkan udah sangat lama. Misalnya di tahun 90an ketika Honda mengeluarkan varian NSR-nya, Yamaha pun tak mau kalah dengan merilis sport bike-nya bernama Yamaha TZM.
Dilihat dari tampilan, TZM benar-benar sangat oke. Fairingnya sangat sporty dengan lekukan-lekukannya yang yahud. Motor ini dikemas dengan mesin dua tak dan performanya sangat keren.
Sayangnya motor yang harganya juga nggak main-main di zaman dulu ini sudah disuntik mati alias stop diproduksi. Harga temurah Rp50 juta
5. Suzuki RGR
Kalau sekarang Suzuki tidak terlihat masuk ranah persaingan sport bike, dulu pabrikan satu ini adalah rival terberat Honda, Yamaha, dan Kawasaki. Yap, lewat rilisan Suzuki RGR, mereka pernah bikin para pabrikan motor sport ketar-ketir.
Motor satu ini juga idola anak muda banget kala itu. RGR bisa dibilang sebagai pioner motor sport jadul lantaran rilis di tahun 1989an. RGR juga bermesin 2 tak 150 cc yang punya performa nggak main-main.
Sekarang RGR hampir tidak ada lagi di jalanan mengingat di tahun 2000an ia sudah berhenti dibuat. RGR sebenarnya bagus, hanya saja banyak konsumen yang menyesalkan bentuk buritannya yang mirip motor bebek. Harga Termurah Rp 20 Jutaan.
Editor : Ditya Arnanta
Artikel Terkait