Konsumsi Kurma Setiap Hari, Ini Manfaatnya Untuk Tubuh

Ditya Arnanta
khasiat buah kurma untuk tubuh (Pixebay)

KARANGANYAR, iNews.id - Mengkonsumsi Kurma sangat baik untuk menunjang kesehatan dan vitalitas tubuh. Pasalnya kurma memiliki kandungan nutrisi lengkap dan baik untuk kesehatan.

Berikut ini khasiat buah kurma untuk kesehatan:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan.

Dengan serat sebanyak 7 gram dalam porsi 3,5 ons (0,99 kg), Anda bisa memasukkan kurma ke dalam diet harian. Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan bikin gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

2. Kandungan Kurma Mampu Penuhi Kebutuhan Gizi dan Kalori 

Sebagian besar kalori kurma datang dari karbohidrat. Dan sisanya, datang dari protein. Meski tinggi kalori, kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah kurma adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B kompleks, yaitu niacin.Dalam setiap 100 gram kurma, terkandung 0,05 miligram vitamin B1, 0,06 miligram vitamin B2, 1,2 miligram niasin, dan 9 IU vitamin A.16 Apr 2019

3. . Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat makan kurma tiap hari adalah bisa terhindari dari berbagai macam penyakit kronis. Misalkan jantung, kanker, diabetes, hingga Alzheimer. Ini semua berkat tingginya kadar antioksidan yang dimiliki oleh kurma. Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat

.Dengan rasanya yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Selain itu kurma juga kaya nutrisi, serat, dan antioksidan.  

Meski masih membutuhkan penelitian lebih dalam, buah kurma juga dipercaya bisa memperbaiki kesehatan tulang  dan membantu mengatur gula darah.

4. Membantu Melancarkan Proses Persalinan Normal

Manfaat buah kurma  jika dikonsumsi tiap hari selama beberapa minggu terakhir sebelum lahiran, itu bisa membantu melancarkan persalinan normal.  

Efek yang dihasilkan adalah leher rahim akan melebar, sehingga induksi tidak perlu dilakukan lagi. Bahkan, dengan makan kurma tiap hari sebelum melahirkan, itu bisa juga mengurangi waktu persalinan!

5. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat kurma juga bisa  meningkatkan kesuburan, baik pada wanita maupun pria. Diperoleh dari kandungan asam amino dan sengnya. Di Timur Tengah, serbuk sari kurma (date palm pollen) dijadikan obat untuk mengatasi masalah ketidaksuburan, terutama pada pria. Biji dan serbuk sari kurma pun memiliki senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi pria dan wanita.

7. Mencegah Anemia

Manfaat kurma yang terakhir adalah buah nabi ini bisa membuat Anda tidak mudah lelah dan pucat karena anemia. Dengan makan kurma tiap hari, kandungan zat besinya akan meningkatkan produksi sel darah merah.

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network