Arus Balik Lebaran, 31.735 Kendaraan Padati Gerbang Tol Cileunyi

Agung Bakti Sarasa
Ribuan kendaraan dari berbagai arah, seperti Nagreg, Sumedang, hingga Kota Bandung masuk GT Cileunyi, Sabtu (7/5/2022). (MPI)

BANDUNG, iNews.id - Arus Balik Lebaran di gerbang tol Cileunyi hingga H+5 Lebaran mencapai 31.735 Kendaraan.

Ribuan kendaraan tersebut masuk GT Cileunyi dari berbagai arah, seperti dari arah Rancaekek, Jatinangor, hingga Kota Bandung via jalur Cibiru-Cileunyi. 

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, dibandingkan kemarin atau Jumat (6/5/2022), volume kendaraan yang masuk GT Cileunyi sebenarnya mulai menunjukkan penurunan

Menurutnya, peningkatan kendaraan yang masuk GT Cileunyi sudah terpantau sejak dia hari lalu. Pada H+3 atau Kamis (5/5/2022) lalu, jumlah kendaraan yang masuk GT Cileunyi mencapai 41.707 kendaran. Sedangkan pada H+4 atau Jumat (6/5/2022) kemarin, tercatat 41.380 kendaraan. 

"Hari ini sampai jam 18.00 WIB, sudah di angka 31.735. Kemarin memang padat dibandingkan dengan hari ini, sekarang terlihat sudah mulai ada penurunan kendaraan," ungkap Kusworo di Pos Terpadu Cileunyi, Kabupaten Bandung, Sabtu (7/5/2022) malam. 

Meski begitu, lanjut Kusworo, hingga pukul 24.00 WIB, pihaknya belum bisa menyimpulkan, apakah volume kendaraan yang masuk GT Cileunyi hari ini lebih padat dibandingkan kemarin atau tidak.

"Kita masih menunggu sampai jam 24.00 untuk bisa menyimpulkan apakah hari ini lebih padat atau lebih tinggi," ujarnya. 

Disinggung prediksi jumlah kendaraan yang belum memasuki GT Cileunyi, Kusworo menyebutkan, sedikitnya 10.000 kendaraan diprediksi belum memasuki GT Cileunyi hari ini. 

"Kurang lebih masih 10.000-an sampai dengan jam 24.00 nanti," sebutnya. 

Lebih lanjut Kusworo mengatakan, banyak pengendara sepeda motor, khususnya dari arah Rancaekek yang salah mengambil jalur dan masuk ke jalur GT Cileunyi. 

"Memang ada saja kendaraan roda dua yang maunya lurus menuju jalur arteri Bandung, namun malah belok ke kiri menuju GT Cileunyi," ungkap Kusworo seraya menyebutkan, para pengendara sepeda motor yang salah jalur itu beralasan tidak melihat rambu, kelelahan, dan sebagainya. 

Oleh karenanya, meskipun sudah terpasang rambu penunjuk arah bagi para pengendara sepeda motor, pihaknya sengaja kembali memasang papan penunjuk arah dengan ukuran yang lebih besar. 

"Kami buatkan imbauan spanduk yang agak lebih besar, sehingga pengemudi roda dua itu bisa melihat. Roda dua bukan belok ke kiri menuju arah GT Cileunyi, melainkan harus mengambil lajur kanan yang menuju ke arah Bandung," kata Kusworo. 

Sebelumnya diberitakan, ribuan kendaraan terpantau mulai antre memasuki Gerbang Tol (GT) Cileunyi di ruas Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi), Kabupaten Bandung, Sabtu (7/5/2022) sore. 

Tidak hanya dari arah Garut, kendaraan pemudik yang mengarah ke GT Cileunyi juga datang dari arah Jatinangor, Kabupaten Sumedang, termasuk Cibiru, Kota Bandung. 

Diketahui, GT Cileunyi sendiri merupakan titik pertemuan arus kendaraan, baik dari arah Garut, Sumedang, dan Bandung, termasuk kendaraan dari Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang kini sudah difungsikan. 

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network