Malam 1 Suro, Keraton Kasunanan Surakarta Bakal Kirab 11 Ekor Kerbau Bule

Bramantyo
Tradisi malam peringatan pergantian tahun baru hijriah atau biasa di kenal malam 1 Suro bakal kembali digelar Keraton Kasunanan Surakarta

SOLO, iNewskaranganyar.id - Tradisi malam peringatan pergantian tahun baru hijriah atau biasa di kenal malam 1 Suro bakal kembali digelar Keraton Kasunanan Surakarta pada Minggu (7/7/2024). 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada malam pergantian tahun baru inipun, Keraton Kasunanan Surakarta bakal mengkirab benda-benda pusaka, termasuk Kerbau Bule.

Kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Kanjeng Pangeran Eddy Wirabuni mengatakan dalam perayaan malam 1 suro, jumlah kerbau yang akan di kirab sebanyak 11 ekor. 

11 ekor kerbau yang diyakini keturunan Kiai Slamet ini akan menjadi cucuk lampah (pembuka kirab) dan berada di barisan paling depan.

Ia mengatakan sebelum kirab, para kerbau yang akan dikirab ini dibiasakan terlebih dahulu berkeliling Keraton Kasunanan. Tujuannya agar para Kerbau ini tidak panik melihat lautan manusia saat prosesi kirab malam 1 Suro ini digelar.

Apalagi, ungkap KP Eddy Wirabumi, saat ini alun-alun kidul (selatan) tengah direvitalisasi. Praktis, karena ada revitalisasi, para lerbau tidak dilepas dan lebih banyak didalam kandang. 

"Kebo Bule Kiai Slamet dilepas dan diajak berkeliling kawasan Baluwarti di seputaran Kraton. Soalnya sejak alun alun kidul direvitalisasi, para kerbau ini lebih banyak didalam kandang saja. Jadi sebelum dikirab, kerbau-kerbau tersebut harus dibiasakan (keluar) lagi ," jelas Kanjeng Pangeran Edhy Wirabhumi, Sabtu (6/7/2024). 

Ia mengatakan selain kebo bule, ada beberapa pusaka milik Kraton Kasunanan Surakarta yang juga ikut dikirab. Untuk tahun kemarin ada tujuh pusaka yang keluar. 

"Tahun lalu ada tujuh pusaka yang keluar, mudah-mudahan tahun ini juga tujuh atau lebih," lanjut Kanjeng Wiro. 

Sementara untuk rute kirab dimulai dari keraton menuju supit urang, kawasan alun-alun ke utara, perempatan Telkom ke kanan, Jalan Kapten Mulyadi, perempatan Baturono, Gemblegan ke kanan, Jalan Slamet Riyadi, masuk ke alun alun, pagelaran dan masuk kembali ke area  keraton.

"Sesuai jadwal kirab berlangsung pukul 24.00 WIB tepat, dan diharapkan pukul 03.00 WIB telah selesai," ujarnya.***

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network