Misteri Dibalik Letusan Dahsyat Gunung Tambora Hingga Cerita Kekayaan Berlimpah Pulau Sumbawa

Fahmi Firdaus/Net Karanganyar
Misteri Dibalik Letusan Dahsyat Gunung Tambora Hingga Cerita Kekayaan Berlimpah Pulau Sumbawa (Foto: Tangkapan Layar Instagram @gunungtambora)

SUMBAWA, iNewskaranganyar.id - Gunung Tambora salah satu gunung berapi yang mampu mengguncang dunia. Letusan Gunung yang berada di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang teradi pada hari 5 April 1815 atau 207 tahun silam,ini terasa sampai Eropa. Korban yang meninggal dunia saat itu diperkirakan mencapai puluhan ribu orang.

Bisa dibayangkan bagimana kedashyatan letusan Gunung Tambora pada April 1815. Bahkan, tiga kerajaan kecil di Pulau Sumbawa punah setelah Gunung Tambora meletus. Ketiga kerajaan tersebut adalah Tambora, Pekat dan Sanggar.

Melansir dari beragam sumber, Gunung Tambora sendiri terletak di Bima, yaitu sebuah Provinsi NTB di antara Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima. 

Kawasan Gunung Tambora terbagi menjadi dua lokasi konservasi, yaitu Tambora Wildlife Reserve dengan luas 80 ribu hektar dan Tambora Hunting Park seluas 30 ribu hektar.

Sementara, kata tambora menurut cerita rakyat berasal dari kata lakambore dalam bahasa Bima yang artinya mau kemana. Namun, ada juga yang mengatakan tambora berasal dari dua kata, yakni ‘ta’ yang berarti mengajak dan ‘mbora’ yang berarti menghilang, sehingga diartikan sebagai mengajak menghilang.

Gunung Tambora pernah berpredikat gunung api tertinggi kedua di Indonesia setelah Puncak Jaya di Papua sebelum meletus pada April 1815. Gunung Tambora dahulunya memiliki ketinggian 4.300 meter dpl, tetapi usai letusan dashyat, separuh puncaknya luluh lantah, sehingga menyisakan ketinggian 2.851 meter dpl.

Sedangkan, Gunung Tambora kini mempunyai kaldera seluas 7 km dan keliling 16 km. Sementara, jarak antara puncak dengan dasar kawahnya sedalam 800 meter.

Saat meletus, Gunung Tambora memuntahkan lelehan lava panas dengan batu berterbangan ke langit bersama gas mematikan yang menewaskan 17.000 jiwa. Selain itu, 400 juta ton gas sulfur menguasai langit hingga jauh di atas awan mencapai 27 mil.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network