Gak Usah Panik, Begini Cara Atasi Aplikasi Android Selalu Berhenti

Danang Prabowo/Net Karanganyar
Cara mengatasi aplikasi berhenti sendiri (Foto: Pixebay)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Ada cara mengatasi aplikasi terus berhenti dan tidak bisa dibuka. Jika Anda pernah mengalami aplikasi terus berhenti, jangan panik dulu. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

Aplikasi di Android bisa crash karena ruang penyimpanan yang terbatas, terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan, koneksi internet yang lemah, atau tidak menginstal pembaruan aplikasi yang tepat.

Seperti dikutip dari Droidsmile, aplikasi crash adalah masalah umum bagi pengguna Android. Ketika memikirkan apa yang membuat aplikasi favorit menjadi hang, pertimbangkan bagaimana cara menggunakan perangkat Anda. Cukup membersihkan ponsel Android untuk mencegah Hp kamu force close.

Jika aplikasi di Hp terus berhenti bekerja, mungkin karena ponsel terlalu panas, coba ganti casingnya dengan casing khusus yang dirancang untuk menjaga ponsel tetap dingin.

Menghapus aplikasi yang tidak berguna atau bloatware dapat menghentikan aplikasi yang hang juga, dan selain itu bisa mempercepat Android Anda juga.

1. Paksa berhenti Aplikasi (Force Stop)

Ini juga merupakan cara menghentikan aplikasi agar tidak merusak seluruh ponsel Anda.

Berikut cara memaksa aplikasi untuk berhenti:

  1. Buka Pengaturan di layar Utama perangkat Android.
  2. Pilih Aplikasi lalu pilih aplikasi yang ingin di paksa berhenti.
  3. Ketuk Force stop (Paksa berhenti).

2. Restart Perangkat Android

Untuk melakukan restart di Hp Anda, tekan dan tahan tombol Power sampai terlihat pilihan untuk Restart atau Power off. Restart perangkat hanya me-reset perangkat lunak, yang mungkin tidak menyelesaikan masalah sebenarnya.

Mematikan perangkat akan memaksa perangkat keras untuk melakukan boot dari awal. Sebaiknya pilih Power off (Matikan), kemudian hidupkan kembali ponsel untuk mengatur ulang semua koneksi perangkat lunak.

3. Perbarui Android Secara Berkala

Terkadang aplikasi yang lebih baru terus berhenti karena Anda menjalankannya pada versi Android yang lebih lama. Perbarui ponsel bisa jadi solusi dalam menghentikan aplikasi dari crash.

Berikut cara memperbarui versi Android :

  1. Pertama buka menu Settings (Pengaturan).
  2. Selanjutnya cari dan tap Software update (Pembaruan perangkat lunak).
  3. Selanjuntya download dan instal pembaruan OS dari halaman tersebut.
  4. Jika pembaruan tersedia, instal pembaruan. Perangkat Android Anda akan memulai ulang setelah memperbarui.

Catatan: Pilihan pengaturan mungkin berbeda tergantung pada perangkat dan versi Android. Untuk mendapatkan pengaturan pembaruan dengan cepat, buka Pengaturan, ketuk ikon pencarian, dan ketik Pembaruan perangkat lunak.

4. Hapus Cache

Cache membantu aplikasi mengingat aktivitas Anda sebelumnya. Namun terkadang, cache menyimpan data yang membuat aplikasi terus berhenti. Selain itu cache yang menumpuk dapat membuat ponsel mengalami crash. Silahkan bersihkan cache aplikasi secara teratur agar ponsel tetap berjalan lancar.

Proses ini tidak akan menghapus semua data aplikasi, hanya data yang tidak penting yang membantu aplikasi berfungsi lebih cepat.

5. Hapus data aplikasi

Aplikasi yang sering digunakan dapat merusak Android, karena tingkat penggunaan yang tinggi memberi mereka lebih banyak peluang untuk merusak sistem. Membersihkan data aplikasi akan menghapus informasi login, pengaturan, dan preferensi aplikasi, lalu mengembalikannya ke keadaan semula.

Jika Anda melihat aplikasi tertentu tidak bisa dibuka dan hang, coba lakukan clear data. Berikut cara menghapus data aplikasi di perangkat Android:

Buka Pengaturan dan pilih Aplikasi.
Ketuk aplikasi yang ingin direset.
Pilih Penyimpanan.
Pilih Kelola penyimpanan.
Ketuk Hapus data.
Catatan: Pilihan pengaturan mungkin berbeda tergantung pada perangkat dan versi Android.

6. Instal ulang aplikasi yang mengalami crash

Jika aplikasi Anda terus mengalami crash, apa pun yang diakukan, menghapus  dan menginstal ulang aplikasi dapat memperbaiki masalah tersebut. Aplikasi terkadang bisa rusak saat pertama kali diunduh, atau aplikasi tersebut mungkin hanya perlu diperbarui.

Menginstal ulang dapat mengatasi kedua masalah tersebut. Untuk menginstal ulang aplikasi, ketuk dan tahan ikon aplikasi pada layar Utama perangkat dan pilih Uninstall. Kemudian, instal ulang aplikasi melalui Google Play.

7. Pastikan Internet Stabil

Banyak aplikasi yang bergantung pada koneksi internet untuk tugas-tugas tertentu, sehingga sinyal yang lemah atau tidak stabil dapat mengganggu kinerja aplikasi. Jika aplikasi mengalami crash karena gangguan internet, mengunci jaringan 4G mungkin dapat membantu.

Cara lain untuk mengatasi aplikasi tidak terbuka adalah mematikan Wi-Fi dan memaksa aplikasi untuk beralih ke data. Tapi, berhati-hatilah untuk memantau dan membatasi data latar belakang, sehingga aplikasi online tidak menghabiskan kuota data Anda.

8. Melegakan Penyimpanan Internal

Aplikasi yang menutup sendiri di Android ketika mereka tidak memiliki cukup ruang untuk melakukan tugasnya. Ruang penyimpanan yang terbatas dapat menyebabkan ponsel Android hang, dan juga dapat menguras baterai dan merusak ponsel dalam jangka panjang.

Hapus aplikasi, foto, musik, atau file besar lainnya yang tidak diperlukan, atau pindahkan ke layanan penyimpanan cloud. Dan awasi potensi bloatware yang mungkin menghabiskan penyimpanan intenal ponsel.

9. Periksa izin aplikasi

Jika aplikasi Android mengalami crash, mungkin Anda perlu memberikan izin di pengaturan Android. Izin memungkinkan menjalankan fungsi aplikasi yang lebih lancar, tetapi juga memungkinkan aplikasi mengakses aspek-aspek sensitif pada prangkat seperti fitur perangkat keras, penggunaan data, dan informasi pribadi.

Harap hanya berikan izin untuk aplikasi yang dipercaya. Saat memeriksa pengaturan perizinan, Anda juga dapat menolak beberapa izin aplikasi, sehingga dapat meningkatkan kecepatan internet ponsel.

Berikut cara memberikan izin aplikasi di Android:

Buka Pengaturan dan ketuk Aplikasi.
Pilih aplikasi untuk melihat izinnya.
Ketuk opsi Izin.
Silahkan memberikan atau menolak izin.

Catatan: Pilihan pengaturan mungkin berbeda tergantung pada perangkat dan versi Android Anda.

10. Lakukan Reset Ulang Ke Pengaturan pabrik

Cara paling andal untuk memperbaiki aplikasi yang berhenti adalah dengan pengaturan ulang pabrik secara penuh. Ini akan mengembalikan ponsel Android Anda ke pengaturan awal. Tetapi ini tidak dapat diubah, jadi cadangkan data-data pribadi sebelum melakukan langkah-langkah ini.

Berikut cara melakukan reset pabrik pada perangkat Android Anda:

  1. Buka Pengaturan dan pilih Manajemen umum.
  2. Kemudian pilih Reset.
  3. Setelah itu ketuk Reset data pabrik.
  4. Terakhir, tap Hapus Semua.

Selain melalui pengaturan, bisa juga melakukan reset lewat mode recovery.

Demikianlah langkah-langkah cara mengatasi aplikasi Android yang sering hang atau crash. Kesemua tips di atas dapat Anda lakukan sendiri.

Sumber: Droidsmile

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network