Dies Natalis ke-1, UMUKA Gelar Seminar Nasional Peningkatan SDM di Era Society 5.0 

Bramantyo
Rektor UMUKA Karanganyar Samsuri (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Universitas Muhammadiyah Karanganyar (UMUKA) menyelenggarakan seminar menggugah pola pikir mahasiswa Seminar ini juga dihadiri para pembicara dari berbagai institusi pendidikan Nasional.

Seminar yang digelar Umuka mengambil tema Peningkatan Sumber Daya Manusia Era Society 5.0 yang dihelat pada Kamis, 20 Oktober 2022.

UMUKA menampilkan pembicara Wakil Rektor I UMUKA Dr Hassan Suryono SH MH MPd yang membahas tentang penerapan teknologi pada mahasiswa untuk merubah pola pikir di Era Society 5.0.

Selain itu juga hadir secara daring, institusi pendidikan kelas Nasional yang hadir langsung di seperti Staf Khusus Kementrian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof Dr Ravik Karsidi MS dan Dirjen GTK Kemendikbud Ristek Prof Dr Nunuk Suryani MPd.

Seminar Nasional ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara Dies Natalis Universitas Muhammadiyah Karanganyar pertama. Seminar Nasional ini kedepan akan menjadi agenda rutin tahunan yang diadakan Umuka untuk mewadahi para civitas akademika untuk dapat mendiseminasikan produk akademik.

Rektor Umuka Samsuri menyampaikan apresiasinya terhadap jalannya seminar Nasional ini. Jika dilihat berdasarkan paradigma masyarakat 5.0, ilmu pengetahuan dan teknologi mampu meningkatkan kualitas hidup manusia tanpa berdampak pada lingkungan dan struktur sosial.

Ia mengatakan menghadapi tantangan zaman era society 5.0 maka 
mutlak Bangsa ini harus mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kometitif sehingga bisa beradaptasi. 

"Satu diantaranya adalah semua pihak harus meningkatkan kwalitas pendidikan termasuk secara spesifik seperti pendidikan Informasi Teknologi (IT),"jelas Samsuri pada iNewskaranganyar.id, Kamis (18/5/2023).

Sementara itu dalam paparannya, Staf Khusus Kementrian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof Dr Ravik Karsidi MS mengatakan ide era society 5.0 berawal dari Jepang yang mana kemajuan teknologi maju pesat namun disatu sisi terjadi krisis SDM produktif.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network