Tips Buat Surat Lamaran PPPK, Ayo Pelajari Cara Membuatnya 

Puti Aini Yasmin
Tips cara membuat lamaran PPPK

KARANGANYAR.iNewskaranganyar.id - Contoh surat lamaran PPPK Teknis 2022 menjadi salah satu syarat wajib dalam proses seleksi. Simak pula cara daftar SSCASN, lowongan formasi, dan jadwal seleksi agar tak ada kendala saat mengirimkan surat lamaran.

Berikut contohnya agar bisa lulus. Melansir laman surat Pengumuman Nomor 01/PANPEL.BKN/PPPK.TEKNIS/XII/2022, cara mendaftar PPPK teknis melalui laman resmi BKN, yakni di https://sscasn.bkn.go.id. Berikut selengkapnya.

Contoh Surat Lamaran PPPK Teknis 2022 1. Contoh Surat Lamaran PPPK Teknis 2022 Lampiran I Pengumuman Nomor: 01/PANPEL.BKN/PPPK.KES/XI/2022 Tanggal: 3 November 2022 FORMAT SURAT LAMARAN ……………, ……..……………2022 

Yth. Kepala Badan Kepegawaian Negara c.q. Ketua Panitia Seleksi Pengadaan PPPK BKN T.A. 2022 di Jakarta 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 
Nama : 
NIK : 
Tempat/Tanggal Lahir : 
Jenis Kelamin : 
Alamat Domisili Saat ini : 
Alamat sesuai KTP : 
Nomor HP : 
Email : 
Pendidikan : 
Perguruan Tinggi : 
Jabatan yang Dilamar : 
Penempatan : 

dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tenaga Kesehatan Tahun Anggaran 2022 di lingkungan Badan Kepegawaian Negara. Sebagai bahan pertimbangan, disampaikan dokumen kelengkapan yang telah diunggah sebagai berikut: 

1. Pasfoto terbaru menggunakan pakaian formal dengan latar belakang warna merah; 

2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli/Surat Keterangan asli telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang masih berlaku; 

3. Scan Ijazah asli; 

4. Scan Transkrip Nilai asli; 

5. Scan surat keterangan memiliki pengalaman kerja paling singkat 2 (dua) tahun dan berkinerja baik; 

6. Scan Surat Pernyataan Data Diri Pelamar yang ditandatangani dan dibubuhi e-meterai; 

7. Scan Surat Tanda Registrasi asli dan bukan internship yang masih berlaku; dan 

8. Scan SK Penugasan dari Kementerian Kesehatan bagi pelamar yang sedang dan/atau telah melaksanakan pengabdian pelayanan kesehatan masyarakat. *) 

Seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia seleksi membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada Seleksi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tenaga Kesehatan Badan Kepegawaian Negara Tahun Anggaran 2022. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih 

Hormat saya, 

tanda tangan (Nama Lengkap)

2. Contoh surat lamaran PPPK Teknis 2022 

SURAT LAMARAN PPPK TEKNIS 

YTH. MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA  DAN REFORMASI BIROKRASI 
DI
JAKARTA 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama :  
Tempat, tanggal lahir :  
Nomor KTP :  
Pendidikan :  
Jabatan yang dilamar :  
Unit kerja yang dilamar : 
Alamat domisili saat ini :  
Alamat sesuai KTP :  
Nomor HP :  
Alamat email :  

dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi Pengadaan PPPK Teknis di lingkungan Kementerian PANRB Tahun Anggaran 2022.  Sebagai bahan pertimbangan, saya sampaikan hal-hal sebagai berikut: 

1. Surat lamaran yang diketik menggunakan komputer dan ditujukan kepada Menteri PANRB di Jakarta dan dibubuhi materai Rp10.000 dan ditandatangani; 

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik asli atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil); 

3. Ijazah asli atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri, telah memperoleh surat keputusan penyetaraan ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan; 

4. Transkrip nilai asli atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri melampirkan transkrip nilai dan surat keputusan hasil konversi nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan; 

5. Pas foto terbaru menggunakan pakaian formal dengan latar belakang warna merah;  
6. Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae; 

7. Surat keterangan pengalaman kerja paling singkat 2 (dua) tahun di bidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar; 

8. Surat Pernyataan yang sudah ditandatangani dan dibubuhi meterai; 

9. Dokumen lainnya sesuai yang dipersyaratkan; 

10. Pelamar penyandang disabilitas wajib menyertakan*): a. dokumen / surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah / puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan  b. tautan / link video singkat yang menyatakan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar. Demikian surat lamaran ini saya buat. 

Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia untuk membatalkan keikutsertaan / kelulusan saya pada seleksi PPPK Teknis di lingkungan Kementerian PANRB Tahun Anggaran 2022. 

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

(kota), (tanggal) (bulan) (tahun) Yang membuat pernyataan, 

(ttd) 

(Nama Lengkap) 

*) Nomor 10 dihapus jika tidak memiliki persyaratan.

3. Contoh surat lamaran PPPK Teknis 2022 

SURAT LAMARAN 

Paringin,  November 2022 

Perihal : Mohon diangkat menjadi Calon Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja 
Kepada Yth. Bupati Balangan 
U.p. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Balangan 
di –  
Paringin 

Yang bertanda tangan di bawah ini : 

Nama Lengkap :  

Tempat / Tanggal Lahir :  

Jenis Kelamin :  

Pendidikan :  

Agama :  

Alamat :  

Nomor Telepon/HP :  

dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bapak agar kiranya dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan dengan Formasi/Jabatan ………………… (formasi yang dilamar) pada ……………………(Unit Penempatan Kerja). Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan dokumen dalam bentuk file scan (paperless) sebagai berikut : 

1. Pas Photo warna terbaru dengan latar belakang berwarna merah; 

2. KTP Asli / Surat Keterangan dari DUKCAPIL 

3. Ijazah Asli yang digunakan sebagai dasar melamar jabatan; 

4. Transkrip Nilai Asli yang digunakan sebagai dasar melamar jabatan; 

5. STR Asli (bukan STR Internship) yang masih berlaku dan sesuai formasi jabatan yang dilamar 

6. Surat Rekomendasi Pengalaman Kerja dan Berkinerja Baik sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan yang ditandatangani oleh Pimpinan Unit Kerja sesuai dengan jabatan yang dilamar. 

7. Surat Rekomendasi / Surat Keterangan bagi yang sudah berusia minimal 35 tahun dan telah bekerja paling sedikit 3 tahun secara terus menerus yang ditandatangani oleh Kepala Unit Fasilitas 8. Layanan Kesehatan Instansi Pemerintah tempat pelamar bekerja  saat ini.*) 

8. Surat Rekomendasi/Surat Keterangan yang ditandatangani oleh Kepala Unit Fasilitas Layanan Kesehatan Instansi Pemerintah tempat pelamar bekerja saat ini. *) 
9. SK Penugasan dari Kementerian Kesehatan bagi pelamar yang sedang dan/atau telah melaksanakan pengabdian pelayanan kesehatan masyarakat. *) 

10. Surat Pernyataan 5 (lima) poin yang sudah ditandatangani dan dibubuhi e-materai, yang berisi tentang :    

-Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih; 

-Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS, PNS, PPPK, TNI, POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta (termasuk BUMN/BUMD); 

-Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, PPPK atau Anggota TNI/POLRI; 

-Tidak menjadi anggota/pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis;  dan -Bersedia ditempatkan di Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan sesuai formasi jabatan yang dilamar.  

Demikian permohonan ini saya sampaikan, besar harapan saya agar Bapak dapat mempertimbangkan, atas perkenan Bapak diucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

TTD 

(Nama lengkap) 

Catatan : *) bersifat optional Silahkan dihapus jika pelamar tidak memiliki dokumen/berkas tersebut. Demikian contoh surat lamaran PPPK teknis 2022 untuk dipelajari. 

Semoga berhasil!

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network