Setara Gaji PNS, Terungkap Segini Pendapatan Manusia Silver Di Karanganyar

Bramantyo
Manusia Silver di salah satu lampu merah di daerah Bejen Karanganyar (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Sekarang ini di Kota Karanganyar sering dijumpai 'manusia silver' dengan membawa kardus. Mereka bukan menghibur pengendara atau pengguna jalan, melainkan meminta-minta sedekah dari pengguna jalan.

Manusia silver atau orang yang mengecat seluruh tubuhnya dengan warna silver kini tengah merebak di beberapa traffic light atau lampu lalu lintas di Kabupaten yang terletak di lereng Gunung Lawu.

Fenomena ini memang sedang marak di Kota Karanganyar. Seperti di traffic light Bejen, Palur, dan Dagen. Hanya di traffic light Pegadaian dan Papahan saja, manusia Silver ini tak dijumpai.

Kebanyakan mereka merupakan anak muda di usia produktif yang memang sengaja berpenampilan “lain” saat menjalankan aksi dengan meminta sedekah. 

Keberadaan mereka pun ternyata mendapatkan perhatian serius dari para wakil rakyat di DPRD Karanganyar. Para wakil rakyat ini mengungkap bahwa keberadaan manusia silver tersebut terorganisir. Dari segi pendapatan juga tak main-main, mereka bisa meraup Rp80.000
hingga Rp150.000 per jamnya. Jika dikalikan dalam satu bulan, pendapatan manusia silver ini setara dengan gaji PNS. 


Pendapatan manusia silver jika dikalikan dalam satu bulan, pendapatan setara dengan gaji PNS (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

 

Hal itu diungkap Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar (PGOT) DPRD Karanganyar, Latri Listyowati. Politikus partai besutan Megawati Soekarnoputri mengungkap, dari temuan pihaknya, manusia silver ini dalam bekerja tidak sendirian, melainkan berkelompok.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network