Pemkab Karanganyar Serahkan Rp138 Juta Bansos Bencana Pada Warga Terdampak, Segini Besarannya

Bramantyo
Bupati Karanganyar Juliyatmono 105 KK Terima Bansos Bencana Dari Pemkab Karanganyar

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id – Pemerintah Kabupaten Karanganyar berikan bantuan sosial (Bansos) kepada 105 Kepala Keluarga (KK) terdampak bencana yang tersebar di 33 Desa dari 14 Kecamatan di wilayah Kabupaten Karanganyar, Selasa (27/12/2022).

Bantuan senilai total Rp. 138 juta tersebut disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar.

"Bantuan sosial ini diberikan kepada korban  korban bencana yang rumahnya rusak akibat bencana kebakaran, angin ribut, rumah roboh maupun tanah longsor," ucap Kepala BPBD Kabupaten Karanganyar, Bagus Darmadi. 

Menurutnya para penerima bantuan telah disurvei terkait kerusakan rumahnya. Apakah masuk kategori rusak ringan, sedang dan berat.  Kerusakan itu seperti atap ambrol, dinding jebol dan talud pekarangan longsor. 

"Semoga bantuan ini dapat mengurangi beban masyarakat yang tertimpa bencana. Bantuan ini  wujud dari kehadiran dan kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang terkena bencana,” terangnya.

Para penerima bantuan untuk kategori rusak ringam ada 102  kepala keluarga, dan masing-masing menerima bantua  antara Rp1.000.000- Rp 1.500.000.

Untuk kategori rusak sedang ada 13 KK, mendapatkan bantuan per KK senilai  Rp  3.000.000 dan rusak berat  ada 10 KK, masing-masing mendapat Rp 5.000.000. 

"Penerima bantuan sebanyak 105 KK tersebar di 14 Kecamatan, dengan jumlah nominal sebesar Rp183.000.000," lanjut Bagoes. 

Sementara itu Bupati Karanganyar, Juliyatmono dalam arahannya menekankan bansos ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab kepada masyarakat yang terkena musibah. Pihaknya berharap semoga musibah ini adalah musibah terakhir di penghujung tahun 2022.

“Semoga Allah SWT berikan ganti yang lebih banyak dan semuanya bisa berjalan lancar,” ujarnya.***

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network