Ini Negara di Amerika Selatan Terkurung Daratan Tetapi Tetap Miliki Angkatan Laut

Ditya Arnanta/Net Karanganyar
Negara di daratan Amerika Selatan ini terkurung daratan dan tidak memiliki lautan. Meski tak punya lautan, namun negara ini tetap miliki Angkatan Laut (Foto:ilustrasi/Pixebay/iNewskaranganyar.id)

2. Paraguay

Negara lainnya di Amerika Selatan yang tak memiliki lautan adalah Paraguay. Seperti Bolivia, negara yang mendapatkan julukan "Jantungnya Amerika Selatan" karena posisinya yang berada di tengah benua Amerika ini pun memiliki pasukan angkatan laut.

Pasukan angkatan laut Paraguay , pertama kali dibentuk di bawah Francia yang memelihara armada sebelas kapal.  Lalu di bawah Presiden Lespezes, angkatan laut ini diperluas mencakup batalion laut dan artileri angkatan laut. 

Semuanya pernah terlibat dalam penyerangan di salah satu pertempuran laut terbesar di dunia yang pada akhirnya memaksa mereka kembali dengan pasukan yang hampir hancur total. Pada akhir 1988, personelnya mencapai 3.150 orang yang sepertiga di antaranya merupakan wajib militer

Dengan 6 kapal pertahanan sungai, 7 kapal patroli, 3 kapal amfibi, dan sejumlah unit pendukung lain, angkatan laut ini bertanggung jawab terhadap pemeliharaan alat bantu navigasi dan menjaga penyeberangan sungai besar. 

Pangkalan utama angkatan ini terletak di ibu kota, Puerto Sanjon, termasuk sebuah galangan kapal dan gudang senjata angkatan laut.

Itulah dua negara di Amerika Selatan yang tak memiliki lautan. Negara tersebut terkepung oleh daratan dari beberapa negara di sekelilingnya sehingga wilayahnya tidak berbatasan dengan lautan. Dua negara tersebut tentu saja hanya segelintir dari puluhan negara yang wilayahnya tidak berbatasan dengan lautan.

Editor : Ditya Arnanta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network