Stop Kebiasaan Membawa HP ke Kamar Mandi, Ternyat Ini Alasannya

Ditya Arnanta
Stop bawa kebiasaan membawa handphone ke kamar mandi (Foto: Pixebay)

KARANGANYAR, iNews.id - Makin berkembangnya tekhnologi, gadget kini menjadi kebutuhan utama untuk mendukung aktifitas sehari-hari.

Mulai dari bekerja, sekolah atau sekedar nongkrong. Tidak jarang pula HP juga dibawa ke toilet atau kamar mandi.

Namun tahukah Anda bahwa kebisaan membawa HP ke kamar mandi bisa menjadi perantara masuknya virus dan menjadi penyebab penyakit. 

Dilansir dari laman klikdokter ada beberapa hal yang harus diketahui bahaya apa yang bisa mengintai ada jika membawa HP ke toilet

1. Kamar Mandi Sumber Bakteri

Kamar mandi meskipun rutin dibersihkan setiap hari, tetap menjadi sarang bakteri dan organisme lain yang tak kasat mata. Terlebih, jika kamar mandi digunakan oleh banyak orang.

Mulai dari gagang pintu, dudukan toilet, tuas pembilas (flush), toilet jet spray, hingga keran air bisa menjadi sarang kuman. Dengan membawa HP ke toilet berpotensi memindahkan dalam genggaman kamu tangan. 

2. Handphone Juga Sumber Bakteri

Seringnya membawa HP, terkadang kita lupa bahwa HP juga salah satu tempat pemicu bakteri berkembang biak. Soalnya, HP sering kali digunakan dan diletakkan di tempat yang kita juga belum tentu tahu bersih dari kuman atau tidak. 

Hasil penelitian telepon seluler adalah benda yang paling terkontaminasi bakteri dibandingkan dengan tempat duduk toilet. Karena itu, efek membawa HP ke toilet dapat meningkatkan risiko terjadi kontaminasi bakteri.

3. Memicu Gangguan Pencernaan

Salah satu bakteri yang mungkin menempel di telepon seluler kamu adalah Salmonella. Bakteri Salmonella adalah bakteri penyebab utama penyakit yang disebarkan melalui makanan.

Saat bakteri yang menempel pada HP kita sentuh dan tanpa disadari masuk ke dalam tubuh, mikroorganisme ini dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan seperti mual, muntah hingga diare.

4. Memicu Masalah di Kulit Wajah

Selain bakteri pemicu gangguan cerna, bahaya membawa HP ke toilet bisa meningkatkan risiko kamu terjangkit bakteri kelompok Staphylococcus. 

Staphylococcus bisa menyebabkan masalah di wajah dan meningkatkan risiko kulit berjerawat.

Apalagi, HP bisa menempel di wajah saat kamu melakukan aktivitas menelepon. Rutin bersihkan HP sebelum perangkat ini digunakan untuk menelepon.

5. Menganggu Proses Buang Air Besar

Membawa HP ketika buang air besar (BAB) bisa membuat fokus kamu teralihkan sehingga semakin lama duduk di toilet.

Secara tak sadar, menggunakan gawai saat duduk di kamar mandi dapat meningkatkan tekanan di anus. Akibatnya, risiko terjadinya wasir atau ambeien pun meningkat.

6. Membuat Otak Lelah

Meski ada keinginan untuk lebih produktif atau mendapatkan ide-ide segar, bukan berarti kamu harus membawa HP ke toilet. Kebiasaan ini justru membuat otak kamu akan semakin lelah karena berkutat dengan e-mail, membalas chat, dan sebagainya.

Sebaiknya manfaatkan waktu di dalam toilet untuk beristirahat sejenak dan lepas dari gadget beberapa saat.

7. Memicu Stres

Waktu kamu ke toilet seharusnya dapat menjadi waktu untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kegiatan yang dilakukan. Namun, ketika membawa HP ke toilet, kamu menjadi fokus kembali dalam kegiatan yang kamu lakukan.

Jika kamu tidak memberikan waktu bagi pikiran untuk beristirahat sejenak, kebiasaan ini bisa saja meningkatkan rasa stres.

Ingat, lebih baik hindari membawa HP ke kamar mandi. Jika terpaksa setelah dari kamar mandi cuci tangan hingga bersih. Tak lupa juga rutin bersihkan area permukaan HP kamu dengan menggunakan alkohol atau pembersih khusus layar HP.

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network